Terkini Nasional

Petani Trenggalek Nantikan Kiprah Generasi Milenial Kembangkan Pertanian

Selasa, 30 November 2021 23:38 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Seorang petani, Nur Herdianto berharap, kedatangan Presiden Jokowi di daerahnya dapat memberikan semangat bagi para petani muda untuk ikut bergerak dalam sektor pertanian.

"Saya petani yang mengharapkan untuk petani muda ini untuk ikut bergerak dalam bidang pertanian, karena pertanian merupakan sokoguru untuk ketahanan di Indonesia juga,” ucap Nur Herdianto, seorang petani padi dari Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Nur mengatakan kehadiran petani muda sangat dibutuhkan karena saat ini jumlah petani terus berkurang dan sebagian besar petani sudah berusia lanjut.

“Sekarang ini banyak petani yang usianya sudah usia lanjut yang kita inginkan itu yang milenial itu untuk juga bisa merapat untuk jadi petani,” tuturnya.

Baca: Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe, Petani Bisa 2 Kali Panen Padi dan Sekali Palawija

Di samping itu, Nur mewakili para petani menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden atas peresmian Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur.

Nur pun berharap bahwa kehadiran bendungan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar utamanya para petani.

“Semoga nanti petani itu bisa meningkat kesejahteraannya. Saya harapkan nanti yang biasanya nanem itu padi-padi palawija bisa meningkat menjadi empat kali: padi, padi, padi, dan palawija nanti untuk bisa menambah income petani,” ucap Nur.

Harapan Jokowi

Presiden Jokowi sebelumnya meresmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Setelah itu, ia pun sempat melakukan penanaman padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Jokowi yang tampak didampingi sejumlah menteri serta Gubenur Jawa Timur hingga Bupati, akan menanam padi bersama para petani di area sawah seluas 75 hektare.

"Siang hari ini, saya bersama-sama dengan Menteri Pertanian, Menteri PU, kemudian Gubernur Jawa Timur, Bupati Trenggalek, dan Bupati Bojonegoro, bersama-sama dengan petani melakukan penanaman padi di areal kurang lebih 75 hektare," kata Presiden Jokowi.

Presiden juga berharap, setelah peresmian Bendungan Tugu langsung bisa dimanfaatkan para petani untuk mengairi lahannya.

Baca: Lahan Pertanian Sampang Diserang Hama Tikus, Petani Bingung Serangan Terus Terjadi Setiap Tahunnya

Para petani diharapkan bisa meningkatkan produksinya setelah memanfaatkan aliran air dari Bendungan Tugu.

"Tadi para petani menyampaikan sekarang ini bisa panen dua kali padi dan satu kali palawija. Dengan adanya nanti Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini," ucap Jokowi.

"Akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis," lanjut dia.

Tentunnya, Kepala Negara juga berharap, hadirnya dua bendungan baru di Jawa Timur yakni Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng bisa meningkatkan produksi pertanian di wilayah tersebut.

"Kemudian juga, secara keseluruhan di provinsi Jawa Timur ini produksinya 5,7 juta ton beras untuk memenuhi kebutuhan Jawa Timur maupun juga mensuplai provinsi lain secara nasional," kata Jokowi. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Petani Trenggalek Nantikan Kiprah Generasi Milenial Kembangkan Pertanian"

Editor: bagus gema praditiya sukirman
Video Production: Okwida Kris Imawan Indra Cahaya
Sumber: Tribunnews.com

Tags
   #Trenggalek   #petani   #Jokowi   #Presiden Jokowi
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved