Terkini Daerah

Kemenkeu Dorong Percepatan Pembangunan Papua Melalui Infrastruktur & Pengelolaan Dana Otonomi Khusus

Sabtu, 27 November 2021 12:39 WIB
Tribun Papua

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-VIDEO.COM, JAYAPURA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendukung percepatan pembangunan, kesejahteraan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta kesinambungan dan keberlanjutan pembangunan di wilayah Papua.

Untuk mendukung kemajuan Papua, Kemenkeu mendorong percepatan melalui pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM Unggul, dan dukungan pengelolaan Dana Otonomi Khusus.

Menteri Keuangan (Menkeu) dalam kunjungan kerja ke Papua untuk melakukan ground breaking Pembangunan Rumah Susun Negara (Rusunara), sekaligus melakukan peresmian Gedung Keuangan Negara Jayapura pada Jumat (26/11/2021) mengatakan bahwa untuk mengoptimalkan kinerja pegawai dalam mendukung pembangunan Papua, Kemenkeu bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR)membangun hunian bersama (Rusunara) bagi pegawai Kemenkeu yang bertugas di wilayah Papua.

Pembangunan gedung yang dilakukan oleh Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi pegawai Kemenkeu sesuai ketentuan pembangunan rumah susun negara berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 01/PRT/M/2018 tentang Bantuan Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Susun.

Baca: Penetapan UMK Merauke 2022 Masih Tunggu SK Gubernur Papua

Baca: Tokoh Adat dan Pemuda Deklarasi Dukung Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua, Ini Alasannya

“Saya berharap dengan pembangunan Rusunara ini, para pegawai Kementerian Keuangan Jayapura menempati hunian yang layak saat bertugas di ujung negeri dan berkontribusi lebih kepada negara," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Sabtu (27/11/2021).

Menkeu Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa kesuksesan penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS Papua tidak terlepas dari dukungan APBN dalam penyediaan berbagai infrastruktur pendukung yang dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi kepada masyarakat Papua dan sekitarnya.

“Saya berharap ekonomi di Papua akan tumbuh lebih tinggi lagi karena Papua ini pada tahun 2021 pertumbuhan ekonominya jauh lebih tinggi dari nasional di atas 14 persen ini karena Papua di drive oleh komoditas," ujar Menkeu Srimulyani.

"Dalam situasi ini nanti Papua akan menikmati selain dana otsus nanti akan dapat dana bagi hasil apalagi kemarin kita sudah mendukung sepenuhnya penyelenggaraan PON yang sukses dan PEPARNAS,” kata Menkeu.

Menkeu juga mengharapkan ini menjadi momentum bagi Papua untuk terus membangun terutama sumber dayanya menjadi manusia-manusia yang hebat.

“Kita akan dukung sepenuhnya, kita berharap seluruh anggaran yang sudah dialokasikan dimanfaatkan untuk semaksimal mungkin menciptakan perbaikan bagi SDM dan kesejahteraan serta mendorong perekonomian untuk bangkit kembali,” ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Kemenkeu Dorong Percepatan Pembangunan Papua Melalui Infrastruktur dan Pengelolaan Dana Otsus

#Papua #Kemenkeu #pembangunan Papua #dana otsus Papua #Sri Mulyani Indrawati


Editor: Ramadhan Aji Prakoso
Video Production: Muhammad Taufiqurrohman
Sumber: Tribun Papua

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved