Viral di Medsos

Mahasiswa KKN Dikenakan Sanksi Adat setelah Video Hina Nama Desa Viral, Pihak Kampus Beri Penjelasan

Sabtu, 27 November 2021 12:24 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Video memperlihatkan mahasiswa yang diusir warga saat melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), viral di media sosial.

Berdasarkan penelusuran Tribunnews.com, rekaman tersebar luas di sejumlah platform media sosial.

Seperti di akun Instagram @memomedsos yang membagikan dua buah video.

Video pertama memperlihatkan sejumlah mahasiswi sedang berada di sebuah minimarket.

Baca: Viral Video Mahasiswa KKN Hina Nama Desa Kubu Kandang di Jambi, Akhirnya Dikenakan Sanksi Adat

Mereka mengucapkan perkataan yang tidak begitu terdengar jelas dalam video.

Namun belakangan diketahui, mereka sedang mengeluarkan kata-kata celaan seraya tertawa yang menghina desa tempat mereka KKN.

Kemudian video kedua tampak seorang pria memarahi para mahasiswa tersebut.

Hingga Minggu (27/11/2021), sudah ditonton lebih dari ribuan kali dan mengundang warganet untuk berkomentar.

Dihimpun TribunJambi.com, para mahasiswa KKN dalam video berasal dari Universitas Jambi.

Sementara lokasi KKN berada di Desa Kubu Kandang, Kecamatan Pemayung, Batanghari.

Kata pihak kampus

Koordinator Pusat Pelaksanaan Kukerta LPPM Universitas Jambi, Ridhwan memberikan penjelasannya.

Ia mengatakan, usai viral di media sosial dan telah diketahui oleh masyarakat di desa, kelompok mahasiswa tersebut dikenakan sanksi adat melalui musyawarah desa.

Mahasiswa telah sampaikan permintaan maaf terhadap masyarakat Desa Kubu Kandang.

“Bagi masyarakat Desa Kubu Kandang atas nama Universitas Jambi dan dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN Desa Kubu Kandang atas kejadian beberapa waktu lalu yang tidak menyenangkan."

"Pihak perguruan tinggi memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada perangkat desa, tokoh adat, tokoh masyarakat yang bisa memfasilitasi dan mediasi sehingga permasalahan itu bisa diselesaikan dengan baik,” ucap Ridhwan Koordinator Pusat Pelaksanaan Kukerta LPPM Universitas Jambi pada Kamis (25/11/2021).

Lanjutnya ia mengatakan karena telah diadakannya mediasi penyelesaian masalah ini maka pihak Unja mengharapkan mahasiswa KKN dan masyarakat Desa Kubu Kandang khususnya tetap akan terjalin ke depannya.

“Kami menyadari ini benar kesalahan dari mahasiswa kami yang memang menjadi evaluasi. Ke depannya mahasiswa kita sebelum turun ke masyarakat perlu diberikan pemahaman yang benar tentang terutama bagaimana memahami adat istiadat yang berlaku di masyarakat setempat,” katanya.

Ridhwan mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan tokoh masyarakat, pihaknya berharap pihak desa membukakan pintu maaf atas kelalaian mahasiswa ini. Mudah-mudahan, ke depannya silahturahmi ini tetap berjalin.

“Mahasiswa kita ini dua bulan melakukan kegiatan KKN, diantaranya satu bulan pembekalan dan satu bulan turun ke masyarakat,” ucapnya.

Ia mengaku kemampuan pihaknya yang memberikan bekal terkait materi ini terlupakan dan menjadi evaluasi dalam beretika dalam media sosial barangkali yang agak sedikit belum terlalu perhatian.

“Ini menjadi evaluasi mudah-mudahan ke depan ada materi tentang etika bermedsos. Karena mahasiswa kita tidak bisa lepas dari medsos,” katanya.

Denda adat telah dipenuhi oleh mahasiswa karena kata dia hal ini memberikan pelajaran kepada mereka bahwa ketika berbuat salah jadi mereka harus bertanggung jawab terhadap itu.

“Kepulangan mahasiswa ini bukan karena kejadian ini memang jadwal mereka sudah harus pulang. Ada 15 orang satu desa, dimulai pada 22 Oktober, hari ini sudah penarikan,” pungkasnya.

Baca: Sempat Viral Mahasiswa KKN Hina Nama Desa di Jambi, Pihak Kampus Janji akan Tambah Materi Pembekalan

Kata pihak kepala desa

Kepala Desa Kubu Kandang, Harun angkat bicara soal video yang viral.

Ia mengaku, mendapati unggahan tersebut melalui pemuda desa.

“Saya melihat ini setelah videonya viral di Medsos, pemuda yang melaporkan kepada saya. Minggu lalu sekira pukul 16.00 Wib saya, tokoh pemuda, ketua adat dan perangkat desa segera melakukan musyawarah tentang silang sengketa antara mahasiswa kukerta dengan masyarakat desa Kubu Kandang,” kata Harun Kepala Desa Kubu Kandang, Rabu (24/11/2021).(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul VIRAL Video Mahasiswa KKN di Jambi Diusir Warga Desa, Ini Penjelasan Pihak Kampus, Kena Sanksi Adat

# Kuliah Kerja Nyata (KKN) # viral # mahasiswa # Desa Kubu Kandang # Sanksi Adat

Baca berita terkait di sini

Editor: Enggar Tiasto
Video Production: Jastika
Sumber: Tribunnews.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved