Live Update

LIVE UPDATE: 70 Personil Gabungan Berhasil Temukan Korban Hanyut di Sungai Cisanggarung

Kamis, 25 November 2021 19:38 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Usaha pencarian korban hanyut yang diketahui bernama Area (70), warga Desa Datar, Kecamatan Cidahu akhirnya berhasil di temukan. Korban ditemukan itu persis berada di bantara sungai daerah Desa Kananga, Kecamatan Cimahi, Kuningan, Jawa Barat.

Demikian hal itu dikatakan Petugas BPBD Kuningan, Yayat yang mewakili Kepala Pelaksanaan BPBD Kuningan, Indra Bayu saat dikonfirmasi via ponselnya, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, pelaksanaan pencarian tadi dilakukan sekitar pukul 07. 00 WIB pagi tadi. Dalam pencarian korban hanyut itu terbagi dalam pengelompokan dalam kegiatan kemanusiaan susur sungai tadi.

"Ada 70 Personil gabungan yang terlibat dalam pencarian jasad korban seorang petani. Kita tadi, star pagi sekitar pukul 07.00, lakukan susur sungai dengan perahu karet dan berhasil menemukan jasad korban yang menyangkut di bibir sungai Cisanggarung daerah Desa Kananga," katanya.

Baca: Seorang Kakek Berusia 83 Tahun Diduga Hanyut di Sungai Kalibuntung, Ditemukan Bekas Jejak

Usaha membuahkan hasil, kata Yayat mengklaim bahwa kegiatan SAR ditutup pada pukul 12.30 WIB dan jasad korban diserahkan kepada keluarga. "Tadi usai berhasil menemukan korban, kegiatan SAR ditutup jam 12.30 dan korban telah kami serahkan kepada keluarga," katanya.

Diketahui sebelumnya, Arwa (70) salah seorang petani warga Dusun Manis RT 02 RW 02, Desa Datar, Kecamatan Cidahu, Kuningan di duga hilang terbawa arus Sungai Cisanggarung. Hal itu setelah sebelumnya diketahui caping dan rokok milik korban itu ditemukan di pinggir sungai di daerah tersebut.

Demikian hal itu dikatakan Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu dalam keterangannya kepada awak media di Kuningan, Rabu (24/11/2021).

Indra Bayu mengatakan bahwa muncul kehilangan warga itu terjadi pada sekitar pukul 11.00 WIB. Awalnya Petani itu berpamitan kepada rekannya ke sungai untuk membersihkan badan yang berlumuran tanah usai menggarap lahan pertanian. "Saat sudah pamitan dan satu jam kemudian. Teman Arwa baru ngeh dengan kondisi Arwa yang tak cepat balik lagi, terus dari sana saat ke sungai itu ditemukan caping dan rokok milik Pak Arwa," katanya.

Baca: Foto Vanessa Angel dan Bibi Kini Berjajar di TPU Islam Malaka, Sempat Hilang dan Hanyut karena Hujan

Dari kejadian itu, Arwa dilaporkan hilang hingga petugas BPBD Kuningan bersama TNI - Polri melakukan kordinasi dan pencarian korban dengan menyusuri sungai tersebut.

"Tidak lama dari kordinasi tadi. Sebanyak 7 orang petugas BPBD kami terjun disertai perlengkapan alat pencarian. Seperti kapal karet komplit dengan safety dan peralatan pendukung lainnya," katanya.

Saat melakukan penyusuran sungai hingga pukul 18.00 WIB. Semua petugas yang tergabung dalam penyusuran sungai tadi diberhentikan, karena mengingat waktu sudah malam dan bantaran sungai tersebut gelap.

"Iya kita tadi berhentikan pencarian pada pukul 6 sore. Meski demikian, pencarian tetap akan kita lakukan besok dan berkordinasi dengan Tim SAR," katanya. (*)

Editor: Dita Dwi Puspitasari
Reporter: Dea Mita
Videografer: Dita Dwi Puspitasari
Video Production: Rizqi Erfa Nia Wakhidati
Sumber: Tribunnews.com

Tags
   #Sungai Cisanggarung   #BPBD   #Kuningan   #Cimahi
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved