TRIBUNNEWS UPDATE

Pendana Pinjol Ilegal yang Teror IRT di Wonogiri Diringkus Bareskrim, Korban hingga Bunuh Diri

Sabtu, 23 Oktober 2021 00:24 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Pendana Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Solusi Andalan Bersama berhasil diringkus oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

KSP tersebut menaungi pinjaman online (pinjol) ilegal yang meneror ibu rumah tangga (IRT) hingga tewas bunuh diri di Wonogiri, Jawa Tengah.

Dikutip dari Kompas.com pada Jumat (22/10/2021), Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim, Brigjen (Pol) Helmy Santika membeberkan, pendana Pinjol Ilegal tersebut berinisial JS.

Ia menerangkan, JS merupakan fasilitator WNA Tiongkok.

JS juga yang merekrut masyarakat untuk menjadi ketua KSP maupun direktur PT yang fiktif yang digunakan untuk operasional pinjol ilegal.

"Ditangkap saudari JS yang merupakan fasilitator WNA Tiongkok, perekrut masyarakat untuk menjadi ketua KSP maupun direktur PT yang fiktif yang digunakan sebagai operasional pinjol ilegal," terangnya, dalam keterangannya, Jumat (22/10/2021).

Herlmy juga mengungkapkan, JS juga berperan sebagai pemodal untuk mendirikan perusahaan atau KSP Fiktif yang juga diduga untuk keberlangsungan pinjol.

"Dan juga sebagai pemodal untuk mendirikan perusahaan atau KSP fiktif yang diduga digunakan untuk operasional pinjol ilegal," ungkap Helmy.

Helmy berujar JS memodali KSP Solusi Andalan Bersama untuk mengelola sejumlah aplikasi pinjol ilegal.

Aplikasi tersebut bernama Fulus Mujur dan Pinjaman Nasional.

Aplikasi Fulus Mujur ini pula yang membelenggu ibu di Wonogiri dengan pinjaman yang diberikan.

Berdasarkan penyelidikan, ibu tersebut menerima teror dari Fulus Munjur dan puluhan aplikasi pinjol lainnya.

Ibu tersebut ditekan dan akhirnya mengakhiri hidupnya karena telah meminjam uang di 23 aplikasi pinjol ilegal.

Helmy pun menuturkan, selain menahan JS, pihaknya juga menangkap Ketua KSP Solusi Andalan Bersama berinisial MDA dan SR.

Dari penangkapan itu, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti dari JS

Di antaranya HP, ratusan akte pendirian KSP, ratusan stempel KSP, dan puluhan NPWP Koperasi Simpan Pinjam.

"Dari saudara MDA (Ketua KSP Solusi Andalan Bersama), disita akte pendirian KSP Solusi Andalan Bersama, perjanjian kerjasama dengan payment gateway, HP, uang senilai Rp 20,4 miliar pada rekening bank atas nama KSP Solusi Andalan Bersama, uang senilai Rp 11 juta pada rekening bank atas nama KSP Solusi Andalan Bersama. Dari SR disita HP," imbuhnya.(Tribun-Video.com/ Kompas.com)

*Berita atau artikel ini tidak bertujuan memberi contoh tindakan bunuh diri.
Pembaca yang merasa memerlukan layanan konsultasi masalah kejiwaan, terlebih pernah terbersit keinginan melakukan percobaan bunuh diri, jangan ragu bercerita, konsultasi atau memeriksakan diri ke psikiater di rumah sakit yang memiliki fasilitas layanan kesehatan jiwa.

Berbagai saluran telah tersedia bagi pembaca untuk menghindari tindakan bunuh diri, satu di antaranya adalah Hotline Psychology Mobile RSJD dr. Arif Zainudin Surakarta 08122551001.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bareskrim Tangkap Pendana Pinjol Ilegal yang Sebabkan IRT di Wonogiri Gantung Diri

Editor: fajri digit sholikhawan
Reporter: Bima Maulana Rahmad Hidayat
Video Production: Ardrianto SatrioUtomo
Sumber: Kompas.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved