Terkini Metropolitan

Aksi Demonstrasi 7 Tahun Pemerintahan Jokowi oleh BEM SI, Beri Rapor Merah hingga Beri 12 Tuntutan

Jumat, 22 Oktober 2021 13:44 WIB
TribunJakarta

TRIBUN-VIDEO.COM - Aliansi BEM Seluruh Indonesia menggelar aksi unjuk rasa bersamaan 7 tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo di Indonesia pada Kamis (21/10/2021).

Aksi tersebut digelar di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

Alvian selaku kordinator lapangan aksi, yang juga sebagai Ketua BEM UNJ mengatakan, ada sejumlah pertimbangan yangmana Presiden Jokowi dinilai telah gagal dalam memimpin pemerintahan di Indonesia.

Oleh sebab itu, Aliansi BEM Seluruh Indonesia bakal memberikan rapot merah terkait kinerja Presiden Jokowi selama 7 tahun memimpin Indonesia.

Baca: Demo BEM SI Hari Ini, Kritik Soal Pemerintah hingga Minta Pulangkan Jokowi

"Jadi agenda hari ini kami mengutamakan penyampaian-penyampaian aspirasi yang nanti ditutup dengan gimik besar. Dimana ada pemberian rapot merah ke Pak Jokowi yang menandakan bahwa kami menganggap bahwa beliau gagal mengurus negara selama 7 tahun ini," kata dia.

Diketahui, berdasarkan keterangan pers Aliansi BEM Seluruh Indonesia yang diterima awak media, disebutkan ada 12 point utama yang menjadi tuntutan dalam aksi hari ini.

Beberapa diantaranya adalah menuntut dan mendesak pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang untuk membatalkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja serta menuntut dan mendesak pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih relatif rendah.

Baca: BEM SI Demo Tujuh Tahun Pemerintahan Jokowi, Ada 12 Tuntutan Disuarakan di Depan Istana Negara

Kemudian, menuntut dan mendesak pemerintah untuk mengembangkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalam negeri, tanpa menjadikan utang luar negeri sebagai salah satu sumber pembangunan negara.

Selain itu, mereka juga menuntut pemerintah untuk mewujudkan kebebasan sipil seluas-luasnya sesuai amanat konstitusi dan menjamin keamanan setiap orang atas hak berpendapat dan dalam mengemukakan pendapat serta hadirkan evaluasi dan reformasi di tubuh Institusi Polri, wujudkan Supremasi Hukum dan HAM yang berkeadilan, tidak tebang pilih dan tuntaskan HAM masa lalu.

Adapula tuntutan terkait permintaan untuk berhentikan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK, pembatalan TWK, desakan Perppu atas UU KPK Nomor 19 Tahun 2019 serta desakan pengembalian marwah KPK sebagai realisasi janji-janji Jokowi dalam agenda pemberantasan Korupsi.(*)

# demo # BEM SI # Presiden Joko Widodo # Patung Kuda # Jokowi

Baca berita terkait di sini

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Demo 7 Tahun Pemerintahan Jokowi, BEM SI Bakal Beri Rapor Merah

Editor: Enggar Tiasto
Video Production: Megan FebryWibowo
Sumber: TribunJakarta

Tags
   #demo   #BEM SI   #Presiden Joko Widodo   #Patung Kuda   #Jokowi
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved