Terkini Daerah

Bupati Bulungan Ingin Tingkatkan Kerja Sama Pariwisata Lokal agar Menambah Laju Ekonomi Masyarakat

Jumat, 22 Oktober 2021 09:22 WIB
Tribun Kaltara

TRIBUN-VIDEO.COM - Rangkaian acara Festival Sungai Kayan yang dimotori oleh KORMI Bulungan, Bupati Bulungan mengucapkan terima kasih berkat antusias masyarakat yang hadir atas kerinduan olahraga tradisional tersebut.

"Pertama ucapkan terima kasih kepada masyarakat kabupaten bulungan, dan para peserta utamanya, yang mengikuti festival sungai kayan kurang lebih tiga hari kita bisa laksanakan dengan aman dan prokes ketat," kata Syarwani Kamis (21/10/2021).

Pihaknya akan berupaya terus agar pelaksanaan hari jadi Kabupaten Bulungan dan Tanjung Selor bisa ditetapkan agenda tahunan, para jajaran pemerintah daerah dan provinsi kaltara

"Tentu ini kita bisa jadikan acara ini kalender tahunan, dari pemerintah kabupaten bulungan, utamanya untuk hari jadinya," terangnya.

"Tentu kita harapkan kegiatan ini bisa jadi meluas, dengan berbagai event-event yang akan dilaksanakan, tidak hanya, sekedar lomba ketinting, perahu dayung," tambahnya kepada TribunKaltara.com.

Baca: Festival Sungai Kayan, Rangkaian Hadirkan Hari Jadi Bulungan hingga Hadirkan Beragam Lomba

Ia berencana akan menambah event berupa wujud Karnaval Perahu Hias dengan mengarungi sungai Kayan mendatang.

"Mungkin ada even-even lain, seperti karnaval perahu hias, yang nanti juga menjadi bagian mengangkat budaya dan tema lokal yang ada di kabupaten bulungan," jelasnya.

Melihat kejadian hujan kemarin Rabu (20/10/2021) Bupati tekankan untuk belajar dari kegagalan dan terus melakukan antisipasi kecil dan besar agar masyarakat bisa terus merasakan euforia tetap ada.

"Pengalaman hari ini, kita sudah bisa menjawab, kehausan masyarakat, antusias masyarakat, kerinduan masyarakat bulungan, melalui kegiatan festival sungai kayan ini," tegasnya.

Sampai hari ini juga, Syarwani sampaikan kepada TribunKaltara.com, sudah melakukan tindakan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Bulungan agar ada sudah melakukan promosi wisata daerah Bulungan dan Tanjung Selor.

"Kita juga agenda kan menjadi wisata secara nasional, dan tentu akan kita koordinasikan melalui dinas pariwisata bulungan, dan kita kemas secara baik," tuturnya.

Begitu juga agenda kegiatan masyarakat berupa lomba ketinting dan perahu di sungai kayan akan ia minta mendapat perhatian khusus dari Sandiaga Uno saat ini yang menjadi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Tidak hanya di lingkungan Provinsi Kalimantan Utara, termasuk pak menteri pariwisata juga mohonkan kehadirannya, cuman ini perlu penyiapan, sehingga betul-betul menjadi agenda event wisata," sebutnya.

Tahapan kebijakan yang dipilih Syarwani sebagai wujud komitmennya untuk memperkenal wisata daerah khas Kabupaten Bulungan di kanca Nasional dan Internasional.

Baca: Peringatan Hari Jadi Bulungan ke-61, Sejumlah Perlombaan Digelar untuk Memeriahkan Acara

"Tentu menjadi komitmen kita, setiap momentum hari jadi, tentu menjadi kalender resmi pemerintah daerah," pungkasnya.

Kendati demikian, Syarwani sampaikan hal tersebut juga sebagai, harapan pembangunan di Kalimantan Utara di tangan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP dapat menambah laju ekonomi kreatif khususnya di Bulungan.

"Ya tentu, harapan kami pembangunan di kalimantan utara, ke depan di bawah kepemimpinan pak gubernur dan wakil gubernur hari ini, menambah dan mempercepat laju, pembangunan khususnya di Kabupaten Bulungan," tandasnya.

Sementara itu, Syarwani tekankan agar seluruh jajaran di daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara bisa sinergi dan merasakan dampak kemajuan masyarakatnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tentu seluruhnya sinergi di jajaran pemerintah daerah kabupaten/kota kaltara yang harus kita pastikan, dalam membangun kalimantan utara, lebih baik, demi kemajuan masyarakat," tutupnya. (TribunKaltara/Georgie Sentana Hasian Silalahi)

# Bupati Bulungan # pariwisata # ekonomi # Festival Sungai Kayan # Syarwani # Kaltara

Baca berita lainnya terkait Kabupaten Bulungan

Editor: Purwariyantoro
Video Production: Andheka Malestha
Sumber: Tribun Kaltara

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved