TRIBUN TRAVEL UPDATE

Jajal Spot Memancing di Pariaman, 10 Spot dengan Target Giant Trevally hingga Tenggiri

Kamis, 21 Oktober 2021 21:16 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Nelayan asal Pauah Barat Kota Pariaman, Risman (36) tawarkan jasa antar spot mancing untuk para penghobi mancing di perairan laut Kota Pariaman.

Ada 10 spot mancing yang ditawarkan, spot tersebut merupakan titik-titik kerumunan ikan.

Risman sudah melaut sejak 20 tahun lalu, ia memahami dan mengetahui titik-titik di perairan Kota Pariaman yang mempunyai potensi ikan.

Para penghobi mancing dengan teknik popping dan jigging tidak akan menyesal, karena spot yang akan dikunjungi memiliki potensi sumber daya ikan melimpah dan beragam.

Risman melanjutkan para pemancing akan ditawarkan untuk memancing di perairan laut Kota Pariaman dalam radius 16 mil, dengan kedalaman yang beragam, mulai dari 8 hingga 100 meter.

"Teknik memancing itu berbeda-beda, termasuk perbedaan kedalaman laut yang dituju," ucapnya.

Risman menjelaskan beberapa teknik dalam memancing ikan di perairan laut.

"Untuk teknik memancing jigging, lokasi memancingnya berada di lokasi dengan kedalaman 40 meter hingga 100 meter," jelas dia.

Baca: Menghabiskan Waktu Luang dengan Memancing di Jukut Etam, Pengunjung Bisa Nikmati Hasil Pancingan

Selanjutnya, memancing dengan teknik popping ialah di titik-titik puncak-puncak karang dengan kedalaman 8 meter hingga 15 meter.

"Teknik popping sendiri ialah teknik memancing dengan menggunakan umpan berupa kayu atau fiber," tambah dia.

Dijelaskannya, untuk teknik memancing jigging mengenakan umpan berupa timah dan metal, dengan hasil tangkapan tergantung kedalaman perairannya.

Risman menyampaikan target ikan tangkapan yang ditawarkan ialah ikan-ikan jenis giant trevally, barakuda, tenggiri, hingga kakap merah.

Dengan jasa yang ditawarkan tersebut, Risman mematok biaya sebesar Rp 1 Juta 500 Ribu, dengan durasi dua hari satu malam.

"Waktu berangkat sekira pukul 10.00 WIB dan pulang esok harinya sekira pukul 16.00 WIB, tergantung ketersediaan ikan yang dibawa," ujar Risman kepada wartawan pada Selasa (20/10/2021) malam.

Selain itu, lanjut dia untuk bekal makanan atau minuman saat memancing, penyewa bisa menyiapkan sendiri bekal yang dibawa.

Baca: Nelayan Kota Pariaman Sewakan Jasa Antar Spot Mancing Mania, Target Giant Trevally hingga Tenggiri

"Jika tidak ingin repot, saya bersedia membantu mencukupi bekal, tentu dengan sedikit tambahan biaya," kata Risman.

Risman menjelaskan, untuk satu trip perjalanan memancing, dengan menimbang kapasitas perahu bermesin robin yang ia miliki, maksimal hanya bisa ditumpangi 5 orang saja.

"4 orang bisa diangkut, ditambah satu orang kapten kapal," imbuh dia.

Ia mengungkapkan, kapasitas 5 orang tersebut untuk menimbang beban yang ditampung, apalagi jika berhasil menangkap ikan dengan jumlah banyak tentu semakin menambah beban.

"Tentu kita memperhatikan beban dan keleluasaan dalam memancing, agar para pemancing nyaman dan merasakan sensasinya," ujar Risman.

Jika beruntung, para pemancing juga akan bisa melihat atraksi ikan lumba-lumba di perairan Kota Pariaman, yang diketahui sering menampakkan diri ke permukaan.

Selanjutnya, ia juga akan meminjamkan alat pancing jika saja terdapat kekurangan alat pancing oleh penyewa.

Balik lagi, ucap dia, cuaca sangat mempengaruhi terhadap kepuasan memancing.

"Di hari-hari atau kondisi tertentu kadang ikan tidak mendekati umpan karena cuaca atau gejala alam," tambah Risman.

Dengan mengutamakan keselamatan, Risman dan penyewa dalam hal ini bisa mengatur jadwal yang cocok dengan kondisi cuaca.

Sebelumnya, kata Risman biasanya para penghobi mancing menjadwalkan waktu saat bulan purnama atau bulan penuh, karena kata Risman dengan keadaan itu, pasang surut akan lebih lama.

"Sejauh ini, para pemancing yang saya fasilitasi puas dengan hasil tangkapan serta pelayanan dari saya," ungkap Risman.

Bagi para mancing mania yang berkeinginan untuk memancing ikan dan menjajal keindahan perairan Kota Pariaman, dapat mendatangi posko nelayan di Desa Pauah Barat Kota Pariaman, atau menghubungi langsung Risman melalui nomor HP 082391073937 atau melalui Facebook @Risman.

Risman mengungkapkan bahwa ia juga pernah memfasilitasi program mata pancing dari sebuah stasiun televisi swasta di Indonesia pada 16 september tahun 2011.

(Tribun-Video.com)

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Ratu Budhi Sejati
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews.com

Tags
   #memancing   #Pariaman   #mancing
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved