Viral di Medsos

Kisah Pesilat Asal Klaten Tunaikan Nazar Lari Sejauh 58 Kilometer setelah Raih Medali Emas pada PON

Selasa, 19 Oktober 2021 16:02 WIB
Tribun Jogja

TRIBUN-VIDEO.COM - Atlet pencak silat asal Klaten, Khoirudin Mustakim, melaksanakan nazar lari dari Kota Salatiga menuju Kabupaten Klaten, Senin (18/10/2021).

Pemuda asal Desa Karangpakel, Kecamatan Trucuk itu menunaikan nazar tersebut setelah berhasil meraih medali emas pada cabor pencak silat di ajang PON XX Papua 2021.

"Sebelum PON digelar Mustakim mempunyai nazar apabila dalam PON XX Papua nanti bisa juara, dia akan berlari, dari Salatiga tempat pelatda cabor pencak silat menuju kampung halamanya di Karangpakel Trucuk Klaten," ujar Ketua Harian IPSI Jawa Tengah, Darmadi, yang ikut mendampingi Mustakim pada PON XX Papua, pada TribunJogja.com, Senin (18/10/2021).

Menurutnya, Mustakim sudah mulai melaksanakan nazarnya atau berlari pada Senin (18/10/2021) pukul 05.00 pagi tadi.

"Start ba'dha subuh, melaksanakan nazar, lari dari GOR takraw Salatiga, lari dikawal oleh pelatih dan pengurus perguruan silat Persinas Asad Klaten. Mohon doanya semoga semuanya berjalan selamat," ucapnya.

Sebelumnya, saat ditemui di Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Khoirudin Mustakim mengatakan jika dirinya sebelum PON sudah mengucapkan nazar.

Baca: Nasib Pilu Bocah di Klaten, Mendadak Buta & Ditinggal Ayahnya, Kini Tinggal di Rumah Pinjaman

Baca: Atlet Peraih Medali Emas PON XX Asal Klaten Penuhi Nazar Lari Salatiga-Klaten, 5 Kali Kakinya Kram

"Ini sudah menjadi nazar saya jika berhasil jadi juara PON saya akan lari dari Salatiga menuju rumah di Klaten," ucap Mustakim saat TribunJogja.com temui di Desa Bonyokan tersebut.

Menurutnya, nazar tersebut juga bagian dari wujud syukur atas prestasi yang ia raih pada ajang olahraga terbesar di Indonesia itu.

"Ini emas yang pertama dan keikutsertaan saya yang pertama juga pada ajang PON," jelasnya.

Diakui Mustakim, untuk melaksanakan nazar itu dirinya sudah melakukan persiapan selama tiga hari dengan berlatih rutin setelah pulang dari Papua.

"Jumat, Sabtu dan Minggu kemarin saya sudah persiapan. Ini jaraknya sekitar 58 kilometer dan jarak tempuh sekitar 8 jam," ulasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Pesilat Asal Klaten Tunaikan Nazar Lari Sejauh 53 Kilometer dari Salatiga ke Rumahnya di Trucuk

# Pesilat # Klaten # nazar # Medali Emas # PON XX

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Dimas Wira Putra
Sumber: Tribun Jogja

Tags
   #Pesilat   #Klaten   #nazar   #Medali Emas   #PON XX
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved