TRIBUNNEWS UPDATE

Wali Kota Bobby Nasution Janjikan Gaji Bulanan dan BPJS kepada Juru Parkir Terdampak e-Parking

Senin, 18 Oktober 2021 19:57 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Pemerintah Kota Medan akan memberikan gaji bulanan kepada juru parkir di ruas jalan yang diterapkan e-Parking.

Selain itu, para juru parkir yang terdampak juga akan mendapatkan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Keterangan tersebut disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution di acara peresmian e-Parking pada Senin (18/10/2021).

Bobby mengatakan penerapan e-Parking juga harus memperhatikan juru parkir yang terdampak.

Untuk itu pihaknya menjamin gaji bulanan bagi mereka serta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

"Makanya saya bilang, ini penerapan bukan cuma untuk pemerintah dan pihak ketiga, tapi juga untuk juru parkir kita. Semua jukir kita berikan BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta pendapatan pasti setiap bulannya selain juga pendapatan share dari pengutipan perhari," katanya.

Ia juga menyebut, e-Parking tidak hanya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, namun juga untuk memaksimalkan pelayanan parkir di ruas-ruas jalan Kota Medan.

"Penerapan ini harus bisa dimaksimalkan baik PAD dan juga pelayanannya. Banyak yang bilang parkir di Medan tidak jelas. Retribusi wajib dan PAD harus meningkat," katanya.

Baca: Bobby dan Kahiyang Jenguk Bayi Penderita Astresia Bilier, Pemkot Medan akan Tanggung Biaya Perawatan

Selain itu, Bobby juga menuturkan bahwa pelayanan parkir berbasis aplikasi itu nantinya juga bisa dikomentari langsung oleh masyarakat Kota Medan melalui fitur di dalamnya.

"Kita mengikutsertakan masyarakat Kota Medan, bukan hanya untuk memudahkan pelayanan parkir. Meningkatkan pelayanan parkir di ruas-ruas jalan. Di aplikasi tersebut yang sudah dibuat bisa diberikan komentar langsung ke jukir-jukirnya," tuturnya.

Sebelumnya, puluhan juru parkir yang tergabung dalam Aliansi Juru Parkir se-Kota Medan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Pemerintahan Kota (Pemko) Medan.

Mereka menolak diluncurkannya e-Parking karena dinilai akan mengancam pendapatan para juru parkir.

"Kami menolak keras dengan adanya pihak swasta yang mengelola perparkiran karena kami mau hanya Dishub saja jangan ada yang lain," ujar Dedy selaku pimpinan aksi unjuk rasa.

Dikutip dari Tribunnews.com, aksi tersbeut dilakukan di tiga titik berbeda yaitu kantor Dishub Medan, Pemkot dan DPRD Medan.

Dalam aksinya, Dedy menuturkan meskipun e-Parking masih dalam tahap percobaan di 22 titik di Kota Medan, hal itu juga mempengaruhi pendapatan para juru parkir.

Pihaknya mengaku selama ini sudah berkontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD), bahkan tidak pernah terlambat membayar retribusi kepada Dishub.

Baca: Bobby Nasution Copot Kadis Lingkungan Hidup dari Jabatannya, Wali Kota Medan Tak Beberkan Alasannya

"Kami tidak pernah telat bayar untuk retribusi malah kami sering nombok apabila lagi sepi, kabarnya ada kebocoran PAD Parkir itu darimana?, karena kami selalu selalu membayar penuh retribusi parkir. Yang perlu di selidiki itu adalah dinas dishubnya, kalau kami bayar retribusinya selalu penuh tidak pernah kurang," ungkapnya.

Sementara itu, para juru parkir disebut hanya mendapat insentif Rp500 ribu perbulan.

Hal ini menurut para pengunjuk rasa tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok keluarga sehari hari.

"Kami juga diancam jika kami tidak tergabung dengan pihak swasta tersebut maka kami akan terancam terpecat, padahal kami sudah melakukan pembayaran retribusi tanpa ada hutang bahkan kami menombok jika parkir kami lagi sepi, intinya kami tidak pernah mengecewakan Dishub tentang pembayaran retribusi parkir kami," aku para pengunjuk rasa.

Menanggapi aksi itu, Seksi Perparkiran Khusus Dishub Kota Medan, H Zein Lubis  menerima dengan baik suara para demonstran.

Pihaknya bersedia menampung keluhan para juru parkir untuk disampaikan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan.

"Saya terima keluhan para pengunjuk rasa dan hal ini akan saya sampaikan kepada bapak Kadis dan apa keputusan beliau akan disampaikan kepada para Jukir

(Tribun-Video.com/Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wali Kota Bobby Nasution Akan Berikan Gaji Bulanan dan BPJS Kepada Juru Parkir Terdampak e-Parking

# BPJS Kesehatan # Wali Kota Medan Bobby Nasution # e-Parking # Kota Medan

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Agung Tri Laksono
Video Production: Benedikta SwastiRenaningtyas
Sumber: Tribunnews.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved