Terkini Daerah

Detik-detik Evakuasi 11 Siswa Tenggelam saat Susur Sungai di Ciamis, Warga Ikut Menyelam Bawa Obeng

Sabtu, 16 Oktober 2021 08:11 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebelas siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur.

Kejadian itu tepatnya di Dusun Wetan RT 01/RW 01, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021) sore.

Evakuasi korban tenggelam oleh tim SAR dan warga berlangsung dramatis.

Ismael (53), salah satu warga bersama 20 orang lainnya ikut membantu tim SAR gabungan melakukan pencarian 11 siswa MTS Harapan Baru Ponpes Cijantung Ciamis yang tenggelam.

Ismael ikut menyelam dan mengobeng mencari korban yang tenggelam di Leuwi Ili yang tidak begitu jauh dari pemukiman warga tersebut.

Baca: 11 Siswa MTS Meninggal dalam Kegiatan Susur Sungai, Kondisi Sungai Tidak Deras dan Cenderung Tenang

Baca: Susur Sungai Berakhir Pilu, Siswa MTs Harapan Baru Tenggelam di Sungai, Dikabarkan Ada Korban

Ismael sempat menemukan dua orang korban saat menyelam. 11 korban yang meninggal ditemukan di antara sela-sela batu.

Karena berada di belokan, meski permukaannya kelihatan tenang namun di bawah permukaan Leuwi Ili tersebut diduga terjadi pusaran air.

“Mungkin diperkirakan airnya dangkal. Karena sekitar leuwi banyak hamparan baru. Apalagi hari ini arus tidak deras dan malah terlihat tenang karena sudah beberapa hari tidak hujan,” kata Ismael, warga Kampung Wetan Rt 01 RW 01 Desa Utama Cijeungjing Ciamis kepada Tribun Jabar, Jumat (15/10/2021).
“Dengan kondisi Leuwi Ili semacam tersebut memang cukup berbahaya untuk dilewati apalagi bagi yang tidak bisa berenang. Bagi yang bisa berenang juga berbahaya, kalau berenangnya pakai sepatu dan bawa ransel. Leuwi ini kan cukup dalam," ujar Ismael lagi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dramatis, Evakuasi 11 Siswa Tenggelam Korban Susur Sungai Ciamis, Warga Ikut Menyelam dan Bawa Obeng"

#SusurSungai #SiswaMTSTenggelam #Ciamis # tenggelam # MTs Harapan Baru

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Fitriana SekarAyu
Sumber: Kompas.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved