News

8 Bulan Produksi Konten Hoaks Bernada Provokatif, Bos Aktual TV Raup Keuntungan Rp2 Miliar

Jumat, 15 Oktober 2021 21:40 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, bos Aktual TV berinisial AZ menyebarkan konten hoaks untuk mencari keuntungan.

Selain menangkap AZ, polisi juga menangkap dua tersangka lainnya berinisial M dan AF.

"Dari hasil pemeriksaan, mereka ternyata meng-upload konten ini dengan tujuan materi," kata Hengki saat merilis kasus ini di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (15/10/2021).

Selama 8 bulan memproduksi konten video hokas yang bernada provokativ, para tersangka telah meraup keuntungan hingga Rp 2 miliar.

"Dalam kurun waktu 8 bulan, mereka mendapatkan adsense Youtube sekitar Rp 1,8 miliar sampai Rp 2 miliar," ungkap Hengki.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ketiga tersangka memiliki peran masing-masing saat memproduksi konten video.

"AZ ini adalah pemilik channel Aktual TV. Dia yang membuat ide dan juga mengarahkan, dan menyortir hasil editing konten yang akan diupload di Aktual TV," kata Yusri.

Sementara itu, tersangka M bertugas melakukan editing dan mengunggah konten video ke Aktual TV.

"Ketiga adalah AF, dia sebagai pengisi suara atau narator di konten di akun Youtube Aktual TV," ungkap Yusri.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan, penangkapan bos Aktual TV dan dua anak buahnya berawal saat pihaknya melakukan patroli siber.(*)

Editor: Khaira Nova Hanugrahayu
Reporter: Dea Mita
Video Production: Aditya Wisnu Wardana
Sumber: Tribunnews.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved