News

Langgar Sejumlah Aturan, Boneka Squid Game di Surabaya Diangkut Satpol PP, Ini Penjelasan Wali Kota

Jumat, 15 Oktober 2021 21:18 WIB
Surya

TRIBUN-VIDEO.COM - Boneka Squid Game yang berada di Jalan Tunjungan Kota Surabaya diangkut Satpol PP.

Boneka ikonik di serial drama Korea, Squid Game itu harus diamankan Satpol PP karena melanggar sejumlah ketentuan pada Minggu (10/10/2021).

Boneka tersebut sempat jadi objek wisata dadakan bagi masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya, untuk sekedar foto-foto.

Dikutip dari Surya.co.id, Kamis (14/10/2021) Kepala Satpol PP Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, boneka itu diletakan di pedestrian.

"Padahal, berdasarkan perda nomor 2 tahun 2020 (Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat), bahwa jalan atau bagian jalan tidak boleh digunakan selain fungsi jalan," lanjutnya.

Selain itu, pengelola juga tak melengkapi persyaratan perizinan yang diperlukan. Mengingat, bangunan yang digunakan merupakan bagian cagar budaya.

Baru-baru ini, Wali Kota Surabaya Armuji memanggil pemilik dan pembuat boneka Squid Game tersebut.

Armuji menanyakan sejumlah pertanyaan tentang maksud dan tujuan adanya Boneka Squid Game yang mereka buat.

Selain itu Armuji juga menjelaskan alasan mengapa boneka tersebut harus diangkut Pemkot Surabaya.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Armuji menjelaskan bawah pemerintah kota tidak akan mempersulit perizinan segala bentuk kreativitas, asal sesuai prosedur.

Ia juga menjelaskan kepada pemilik bahwa tindakan pemerintah mengamankan boneka tersebut, bukan menghalangi kreativitas.

Melainkan karena adanya miss komunikasi bahwa di sana ada cagar budaya.

Pihaknya juga sudah menjelaskan, cagar budaya itu tidak akan dirombak.

"Jadi maksud dari pemerintah kota kemarin, meringkes boneka Squid Game bukan berarti sebuah tindakan yang dilakukan untuk melarang kreatifitas," tegas Armuji dikutip dari Instagram @cakj1.

"Melainkan ada miss komunikasi, bahwa di sana ada cagar budaya. Dan sudah dijelaskan bahwa cagar budayanya tidak akan dirombak," jelas Armuji di akhir pertemuan.

Sementara Dick Derian, pengusaha asal Surabaya yang memiliki boneka tersebut mengaku rencananya di tempat berdiri boneka tersebut akan berdiri restoran miliknya.

"Strateginya, orang akan melihat ke sini nantinya. Rencananya, restoran kami akan buka di sini tahun depan," kata pria yang menyebut restorannya bergaya western ini.(tribun-video.com-surya.co.id)

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Viral Boneka Squid Game di Surabaya Diangkut Satpol PP, Wakil Wali Kota Armuji Panggil Pemiliknya

Editor: Khaira Nova Hanugrahayu
Reporter: sara dita
Video Production: Yogi Putra Anggitatama
Sumber: Surya

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved