Yandex

Terkini Daerah

Utang Rp20 Juta Jadi Rp24 M, Bupati Sebut Kasus Ineu Garut Tak Logis, Minta Korban Rentenir Lapor

Rabu, 13 Oktober 2021 14:45 WIB
Tribun Jabar
Editor: Khaira Nova Hanugrahayu | Video Production: Fitriana SekarAyu

TRIBUN-VIDEO.COM - Sosok Ineu Siti Nurjanah atau IS (31) sedang menjadi perbincangan warga Garut termasuk Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Dia angkat bicara soal kasus begal palsu tersebut. Rudy Gunawan mengatakan jeratan utang Ineu dari rentenir menurutnya tidak logis namun kasus tersebut menurutnya bisa menjadi pembuka bagi korban rentenir lain di Garut yang selama ini dikejar-kejar.

"Ya bagus aja bagi dia, kan jadinya pemicu buat korban rentenir lain di Cikajang agar melapor, apalagi tagihannya dengan intimidasi apalagi bunganya besar, ada hukum yang mengatur soal itu," ujar Bupati Garut Rudy Gunawan saat ditemui Tribunjabar.id, Selasa (12/10/2021).

Ia menjelaskan jika masyarakat Garut termintimidasi oleh rentenir maka bisa melaporkan ke aparat penegak hukum karena menagih hutang menurutnya tidak boleh dengan kekerasan atau pun dengan ancaman.

"Jadi bisa bergeser ke pidana kalo seorang rentenir nagih-nagih dan sebagainya apalagi kan bisa dikenakan bank gelap yang memperdagangkan uang, jadi ya lapor saja jika ada ancaman," ungkapnya.

Rudy Gunawan menyebut rentenir tersebut bekerja melayani dan meminjamkan uang dengan bunga yang tidak masuk akal kepada puluhan hingga ratusan nasabah. Hal itu bisa dikategorikan sebagai bank gelap.

"Kalo meminjamkannya ke satu atau dua orang mungkin itu tidak masuk ke dalam mata pencaharian tapi kalo sudah ratusan orang itu sudah rentenir, bank gelap bisa kena, jika dilaporkan bisa diselidiki masuknya ke pasal mana," ucapnya.

Menurutnya kasus Ineu yang mengaku punya hutang ke rentenir dari nominal Rp 20 juta yang membengkak hingga Rp 25 miliar tidak logis. Menurutnya pengakuan Ineu tentang jeratan utang rentenir itu bohong.

"Dari Rp 20 juta sampai Rp 25 Miliar itu tidak mungkin, jadi itu bohong gak logis," ungkap mantan advokat itu.

Sebelumnya, Ineu Siti Nurjanah mengaku dibegal dan uang Rp 1,3 miliar yang dibawanya raib diambil begal.

Rupanya, perempuan itu pura-pura dibegal di di Jalan Raya Cisurupan-Cikajang Kabupaten Garut.

Uang Rp 1,3 miliar itu disimpan di bagasi jok motornya dan tas.

Dia bukanlah korban perampokan.

Cerita begal palsu ini diungkapkan Ineu Siti karena dia terjerat utang pada rentenir.

Tak main-main, utangnya berjumlah Rp 25 miliar.

Ternyata dia mengaku dibegal agar sang rentenir iba padanya.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul FAKTA Perempuan Garut Ngaku Dibegal, Utang ke Rentenir dari 20 Juta jadi Rp 25 M, Bupati:Tidak Logis

Sumber: Tribun Jabar
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved