Yandex

Terkini Daerah

Perdana Kota Tarakan Menggelar Vaksinasi Ibu Hamil dengan Target 387 Dosis di Gedung Wanita

Sabtu, 25 September 2021 13:03 WIB
Tribun kaltara
Editor: Dita Dwi Puspitasari | Video Production: Andheka Malestha

TRIBUN-VIDEO.COM, TARAKAN - Kegiatan vaksinasi untuk ibu hamil pertama kali dilakukan di Kota Tarakan di Gedung Wanita, Jumat (24/9/2021).

Kegiatan vaksinasi dimulai sejak pukul 08.00 WITA.

Kali ini target sasaran untuk ibu hamil sebanyak 387 orang dengan usia kehamilan 13 minggu sampai dengan 28 minggu.

Dikatakan Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, awalnya pendataan dilakukan oleh rekan-rekan yang bertugas di puskesmas.

“Total semua ibu hamil ada 1.030 orang. Kemudian kami pilah berdasarkan pertemuan Minggu lalu di Swisbel Untuk usia 13 minggu sampai 28 minggu akan dilakukan vaksinasi massal,” beber dr. Devi kepada TribunKaltara.com, Jumat (24/9/2021).

Baca: Satlantas Peduli Pelajar, Adakan Gebyar Vaksinasi di SMKN 2 Pariaman

Lebih lanjut dr. Devi menambahkan, pengecualian untuk wilayah kerja di Puskesmas Juata dan Puskesmas Pantai Amal.

“Mengingat lokasi mereka jauh untuk menjangkau Gedung Wanita, jadi mereka vaksin di masing-masing puskesmasnya sendiri,” jelas dr. Devi.

Ia menambahkan, untuk wilayah Kelurahan Karang Rejo, Kelurahan Gunung Lingkas, Puskesmas Sebengkok dan Puskesmas Mamburungan, sesuai dengan data harus mendatangi lokasi vaksinasi yang ditentukan yakni di Gedung Wanita Jalan Kusuma Bangsa Kelurahan Pamusian, Kota Tarakan.

Persoalannya lanjut dr. Devi, di hari pertama dan untuk vaksinasi dosis satu bagi ibu hamil ini, setelah daftar dan begitu akan dihubungi untuk melaksanakan vaksinasi, banyak yang masih ragu.

“Sudah dipanggil banyak yang ragu, yang gak datang. Atau ada yang nomor telepon yang dihubungi tidak bisa tembus,” ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksinasi bagi ibu hamil dinyatakan aman dan bisa dilakukan.

Vaksinasi ibu hamil dilakukan di enam puskesmas dan dua rumah sakit yakni di RSUD Tarakan Provinsi Kaltara dan Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT).

“Untuk enam puskesmas usia 13 minggu-28 minggu. Dan memang diharapkan tidak memiliki komorbid dan keluhan,” ujarnya.

Sementara bagi mereka yang usia kehamilannya 28 minggu ke atas sampai mendekati masa akan melahirkan diarahkan ke RSUD Tarakan Provinsi Kaltara dan RSUKT.

“Langsung dokter spesialis yang tangani. Hari ini ini juga ada dokter spesialis di Gedung Wanita,” jelasnya.

Baca: Vaksinasi Covid-19 Pertama untuk Ibu Hamil di Tarakan, Beberapa Masih Enggan Suntik Vaksin

Untuk itu sekali lagi ia mengimbau kepada ibu hamil untuk tak takut melaksanakan vaksinasi. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

“Kalau dilihat banyak yang dihubungi belum bisa hadir, ada juga yang gak bisa datang. Dengan keluhan dan alasan nanti saja, tunggu yang lain saja,” ujarnya.

Ia menambahkan mereka yang berhalangan hadir hari ini tetap akan diarahkan ke puskesmas masing-masing untuk melakukan vaksinasi.

“Ini kita mempermudah puskesmas jadi kita massalkan. Jadi puskesmas tidak double fokusnya. Karena ada vaksinasi masyarakat umum juga ditangani mereka,” bebernya.

Ia menambahkan, jika dibandingkan ibu hamil dan masyarakat umum, hingga pukul 10.00 WITA, masih tampak belum begitu banyak antrean.

Berbeda dengan masyarakat umum, di jam-jam tersebut pasti sudah berjubel menunggu giliran mengantre.

“Banyak yang belum datang. Ini waktunya sampai jam sebelas karena hari Jumat. Kalau Puskesmas Juata dan Pantai Amal akan lakukan vaksin sekitar hari Senin dan Selasa yang akan datang ini,” pungkasnya. (*)

Baca berita terkait lainnya

Sumber: Tribun kaltara
Tags
   #vaksinasi   #Covid-19   #ibu hamil   #Tarakan
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved