Yandex

News

Kemegahan Calon Terminal Anak Air Kota Padang, Tesedia Lokasi Berjualan untuk Para UMKM

Jumat, 24 September 2021 22:29 WIB
Tribun Padang
Editor: Khaira Nova Hanugrahayu | Video Production: Tia Kristiena

TRIBUN-VIDEO.COM - Kasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Sumatra Barat (Sumbar) Yugo Kristanto mengatakan Terminal Anak Air Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) hingga kini telah memadai.

Menurutnya, fasilitas terminal tersebut telah dilengkapi yakni dengan berbagai fasilitas, yang dianggap terbagus serta megah di Sumatera bagian tengah.

"Di Sumatera tengah terminal ini terbilang terbagus, dibangun dengan anggaran Rp 70 M dari APBN melalui kementerian perhubungan," kata Yugo Kristanto, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya, terminal yang dibangun pada lahan 4 hektar/Ha ini mempunyai 10 lajur kendaraan.

Nantinya angkutan umum yang masuk terminal akan ditata, diperkirakan terminal ini bisa menampung seratus kendaraan.

"Angkutan umum yang masuk masuk lalu turunkan dan naikan penumpang sebentar kemudian putar keluar lagi," ungkap Yugo Kristanto.

Menurutnya, terminal ini akan buka 24 jam disertai dengan petugas yang selalu stand by untuk membersihkan.

"Hingga kini sudah punya musala, toilet yang bersih, ada kafe, semuanya seperti bandara udara," ungkap Yugo Kristanto.

Selain itu, terminal ini juga tersedia lokasi untuk berjualan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berjumlah lebih dari 20 unit.

"Jelang pengoperasian, kita belum tahu bagaimana persiapan kafe dan UMKM, namun sudah kita sampaikan, tinggal mereka masuk saja," tambah Yugo Kristanto.

Yugo Kristanto mengatakan, pengoperasian akan dilakukan mulai 1 Oktober 2021 sambil berjalan nantinya akan dilakukan evaluasi perbaikan termjn nantinya.

Bakal Dioperasikan Mulai 1 Oktober 2021

Dilansir TribunPadang.com, terminal Anak Air yang berada di Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan mulai dioperasikan mulai 1 Oktober 2021 mendatang.

Hal ini dikatakan Kasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Sumatra Barat (Sumbar) Yugo Kristanto, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya, angkutan umum antar kota (AKBP) dan angkutan umum antar povinsi (AKAP) akan melewati terminal tersebut untuk menurunkan dan menaikan penumpang.

Setelah turun di terminal, penumpang yang akan menuju pusat kota akan dipermudahkan dengan Trans Padang yang setiap lima menit melewati terminat tersebut.

"Penumpang tidak lagi diturunkan di jalan, karena itu akan menganggu lalu lintas kendaraan," kata Yugo Siwanto.

Menurutnya, untuk tahap awal ini diprioritaskan untuk angkutan umum dari arah utara kota, diantaranya Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman, dan Kota Pariaman.

"Angkutan umum yang biasanya lewat Jalan Adinegoro, akan kita diarahkan masuk ke terminal Anak Air dari Jalan By Pass," ungkapnya.

Yugo Kristanto, menambahkan, jelang pengoperasian terminal ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PO bus dan beberapa pihak terkait.

Menjelang dioperasikan, pada tanggal 28 hingga 30 September 2021 mendatang akan didirikan posko untuk mengarahkan angkutan umum.

Posko ini dibangun pada enam titik, di antaranya jalan layang simpang Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Jalan By Pass Anak Air.

Lalu simpang Jalan Adinegoro, simpang jalan - dekat Cristine Hakim -- depan kampus Universitas Negeri Padang, dan dekat stasiun kereta api Tabing.

Menurutnya, terminal ini selesai dibangun tahun 2019, namun pengoperasiannya baru bisa dilakukan tahun 2021 ini setelah dilakukan beberapa persiapan.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Terminal Anak Air Kota Padang Termegah di Sumatera Tengah, Ada Kafe dan Lokasi UMKM Mirip di Bandara 

Sumber: Tribun Padang
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved