Yandex

Kabar Selebriti

Pendarahan Otak Tukul Disebut akibat Vaksin Covid-19, Dokter RS PON Berikan Klarifikasinya

Jumat, 24 September 2021 21:34 WIB
Tribunnews.com
Editor: Dita Dwi Puspitasari | Video Production: Panji Yudantama

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Presenter sekaligus Komedian Tukul Arwana belum lama dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami pendarahan otak.

Banyak spekulasi menduga jika pendarahan otak yang dialami oleh Tukul Arwana akibat vaksin covid-19.

Sebab, Tukul Arwana diketahui sempat mendapat suntik vaksin lima hari lalu.

Menanggapi hal ini, pihak Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) membantah keterkaitan hubungan antara pendarahan otak dan Vaksin Covid-19.

"Berkaitan dengan beberapa berita yang beredar, ada hubungan kah antara stroke pendarahan dengan vaksin? Tidak ada," ujar Direktur Utama RSPON, Dokter Mursyid Bustami dalam jumpa virtual bersama awak media, Jumat (24/9/2021).

Baca: Pihak RS PON Bantah Pendarahan Otak Tukul Arwana Berkaitan dengan Vaksin Covid 19

Mursyid Bustami menegaskan bahwa belum ada penelitian ilmiah mengenai risiko terjadinya stroke pendarahan akibat vaksin.

Selain itu dia menyebut belum pernah ada kasus pasien yang mengalami pendarahan otak usai mendapatkan suntikan vaksin covid-19.

"Kami tidak pernah menerima pasien pasca vaksin itu mengalami stroke, dari beberapa laporan yang kami dapatkan dari teman-teman spesialis syaraf, juga tidak ada pasien yang mengalami stroke setelah vaksin," lanjut Mursyid Bustami.

Menurutnya efek suntik vaksin memang cenderung memiliki efek samping demam.

Namun hal tersebut merupakan efek normal dan tidak akan menimbulkan dampak sama sekali termasuk soal isu miring pendarahan otak pada Tukul Arwana.

"Ini perlu kami klarifikasi. Secara ilmiah pun tidak ada hubungannya pendarahan otak dengan Vaksin Covid-19. Barangkali itu klarifikasi dari kami," tutupnya dengan tegas.

Baca: Komedian Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak, Selama Ini Tak Ada Masalah Kesehatan

Hingga kini, pihal Tukul Arwana belum bisa membeberkan penyakit yang tengah dialami oleh sang komedian.

Pasalnya, sebelumnya Tukul Arwana dikabarkan mengalami pendarahan otak.

"Kalau itu kan secara teknis jadi kita, saya pribadi belum bisa menjelaskan paling nanti pihak dokter, pihak rumah Sakit PON yang akan menjelaskan, kalau saya hanya bisa meng-update,"

"Kebetulan saya yang bisa memantau, saya yang bisa melihat, saya dipasrahin, dipercaya keluarganya untuk memantau beliau juga, dan anak-anaknya juga selalu memantau juga," ungkap Manager Tukul Arwana, Rizki Kimon, saat ditemui di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (24/9/2021).

"Saya di sini mewakili pihak keluarga untuk meng-update kondisi Mas Tukul pasca operasi di tanggal 22, kebetulan beliau dioperasi tanggal 22 bulan September 2021 jam setengah 10," ungkap Rizki Kimon.
Rizki Kimon mengungkapkan proses operasi tersebut berjalan dengan sangat lancar.

"Yang direncanakan 4 jam tapi Alhamdulillah pihak dokter selesai di 2 jam, kurang lebih 2 jam," ungkap Rizki Kimon.

Saat ini, Kondisi Tukul Arwana semakin membaik dari sebelumnya dan tubuhnya sudah bisa merespon.

"Untuk kondisi saat ini di tanggal 24 September hari Jumat, Alhamdulillah sudah berngasur-angsur membaik, sudah bisa merespons, sudah bisa merespon dari mata, gerakan tangan, semua sudah bisa, itu sih yang bisa kami update," tutup Rizki Kimon. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pendarahan Otak Tukul Arwana Dikaitkan dengan Vaksin Covid-19, Dokter RS PON Buka Suara

Baca berita terkait lainnya

Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #Tukul Arwana   #pendarahan   #otak   #vaksin   #Covid-19
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved