Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Viral Video Kakek Tua Punguti Beras yang Bercecer di Jalan, Hidup Sebatangkara di Gubuk Kecil

Jumat, 24 September 2021 13:43 WIB
Kompas.com
Editor: Alfin Wahyu Yulianto | Reporter: Nila | Video Production: Erwin Joko Prasetyo

TRIBUN-VIDEO.COM - Seorang kakek di Mamuju Tengah viral di media sosial, lantaran memunguti beras yang jatuh dan berhamburan di sepanjang jalan.

Sang kakek mengaku prihatin melihat beras dibiarkan berhamburan di jalan saat banyak warga yang sulit mendapatkan sembako.

Sosok kakek tersebut diketahui bernama Beddu (76) yang memunguti beras berhamburan di sepanjang jalan persis di depan rumahnya, di Mauju Tengah, Sulaweri Barat.

Aksi Beddu (76) memunguti beras yang jatuh dan berhamburan sia-sia di jalan persis depan rumahnya di tengah cuaca panas di jalan raya menuai simpati publik hingga viral di media sosial.

Kakek Beddu, rupanya percaya dengan mitologi Bugis.

Ia yakin bahwa beras atau padi adalah Dewi Sri atau ratu padi yang diturunkan untuk menghidupi manusia.

Warga Desa Polo Lereng, Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat percaya, menghamburkan makanan di jalan sangat mubadzir.

Apalagi di tengah kondisi perekonomian yang sulit di masa pandemi ini.

“Hati saya miris, banyak beras berceceran di jalan dan dibarkan begitu saja tanpa dipunguti pemiliknya. Saya pun berusaha memungut dan memisahkan beras yang bercampur batu dan pasir,”jelas Beddu.

Beddu mengungkapkan, ia awalnya melihat beras jatuh dan berceceran dari atas sebuah truk yang melintas di depan rumahnya.

Karena dibiarkan pemiliknya, Beddu lantas berinisiatif memunguti beras tersebut.

Kisah kakek Beddu lantas viral di media sosial, setelah seorang perempuan berempati dan menghentikan sepeda motornya.

Wanita itu lalu memberikan sejumlah uang agar sang kakek membeli beras baru yang lebih bersih dan tak perlu memungut beras bercampur batu dan pasir tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Sosial Mamuju Tengah Irha Djamal  mengaku setelah mengetahui adanya kakek viral di media sosial karena memungut beras yang tercecer di jalan, dirinya terjun langsung untuk melihat kondisi sosial sang kakek.

Irha dan pihak Dinsos telah mendatangi kediaman Beddu dan memberikan bantuan sosial berupa beras pada sang kakek.

Kakek Beddu juga telah diusulkan Dinas Sosial untuk bantuan Data Terpadu Kemiskinan Kementerian Sosial (DTKS). Beddu nantinya akan mendapatkan atau menerima bantuan langusng dari pemerintah pusat.

“Dinas Sosial juga ikut berempati dengan sang kakek. Makanya kami langsung mencari tahu keberadaan sang kakek dan akhirnya bisa menemukan rumahnya,” jelas Irha Djamal.

Meski mendapat bantuan sosial berupa beras setiap bulannya, Beddu mengaku tak akan membuang sia-sia beras yang ia pungut di jalan.

Beddu yang juga duda sebatang kara ini tinggal seorang diri di sebuah gubuk kecil bertaap rumbia.

Sehari-hari, Beddu menjadi petani penggarap yang menanam jagung di atas lahan kebun milik warga.

(Tribun-Video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Video Kakek Punguti Beras Bercampur Batu dan Pasir Tercecer di Jalan, Tuai Simpati Warga "

# TRIBUNNEWS UPDATE # beras # viral di media sosial # Mamuju Tengah

Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved