Yandex

Kesehatan Gizi

10 Tips Menu Makanan yang Sehat bagi Penderita Diabetes

Kamis, 23 September 2021 20:49 WIB
Tribun Jogja
Editor: Purwariyantoro |

TRIBUN-VIDEO.COM - Bagi Anda penderita Diabetes penting untuk memilih makanan yang tepat untuk mengendalikan Diabetes Anda.

Berikut tips makan sehat untuk penderita Diabetes.

Cobalah memasak di rumah daripada beli.

Gunakan ide-ide ini sebagai motivasi saat Anda menyiapkan makanan sehat Anda di dapur. Jangan lupa juga untuk menerapkan menu ini ketika Anda terpaksa makan di luar.

1. Makanan pokok

Gunakan nasi merah dan gandum. Jika mau makan roti, pilihlah roti berbahan dasar gandum.

Misalnya, jika Anda kekurangan waktu, masukkan sebungkus nasi merah beku yang sudah dimasak sebelumnya ke dalam microwave.

2. Komposisi makanan

Usahakan setidaknya 8 gram serat per makan, terutama saat Anda makan makanan kaya karbohidrat. Ini akan membantu mengelola kadar gula darah Anda, membuat Anda merasa kenyang, dan baik untuk kesehatan jantung Anda. Itu sangat penting karena Diabetes membuat penyakit jantung lebih mungkin terjadi.

Makanan yang direkomendasikan:

* Kacang polong

* Gandum

* Gandum

* Buah-buahan seperti apel, pir, beri, dan jeruk

* Sayuran seperti ubi jalar, kubis Brussel, brokoli, wortel, dan bit

3. Ganti Beberapa Karbohidrat dengan Lemak Baik

Lemak tak jenuh tunggal -- kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan minyak canola -- dapat membantu menurunkan gula darah Anda. Hanya menghindari porsi besar sehingga Anda tidak mengambil terlalu banyak kalori.

Tambahkan kacang dan alpukat ke salad dan makanan pembuka. Carilah saus salad, bumbu , dan saus yang dibuat dengan kanola atau minyak zaitun. Anda juga bisa memasak dengan dua minyak ini.

4. Pilih Makan Makanan yang Tidak Bikin Gula Darah Melonjak

Pilihan yang baik yang tidak mungkin menyebabkan kenaikan drastis pada kadar gula darah Anda termasuk daging tanpa lemak, unggas, ikan, alpukat, sayuran salad, telur, dan keju. Tambahkan bahan-bahan ini ke piring Anda untuk membantu menyeimbangkan makanan yang Anda makan yang mengandung karbohidrat.

5. Minim lemak jenuh

Pilih resep dengan sedikit lemak jenuh. Mungkin pakai saus krim itu dan cari potongan daging tanpa lemak, skim atau susu rendah lemak, dan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, lentil, atau kacang-kacangan.

6. Ukuran porsi tepat

Apakah resep Anda menjelaskan kalori, karbohidrat, serat, dan lemaknya? Info itu berguna. Maka yang harus Anda lakukan adalah tetap berpegang pada ukuran porsi yang disarankan dan Anda akan tahu persis apa yang Anda dapatkan.

7. Pikirkan Lemak Tumbuhan

Jadikan minyak canola atau minyak zaitun sebagai bahan utama Anda. Keduanya kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Minyak canola juga memiliki asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

8. Membuat Salad Lebih Mudah

impan salad bayam besar atau salad selada romaine berisi sayuran dalam wadah kedap udara tanpa saus. (Anda dapat menambahkannya nanti.)

Anda dapat menikmatinya dengan makan malam Anda atau sebagai camilan selama beberapa hari ke depan.

9. Makanan Penutup

Anda bisa membuat beberapa potong buah menjadi salad buah yang cantik. Siramkan jus lemon atau jeruk di atasnya. Kemudian aduk untuk melapisi buah.

10. Mengakali Minuman Anda

Perhatikan kalori, gula, dan alkohol. Jika air biasa tidak menarik, Anda bisa mencoba air bersoda, beraroma (tapi tidak manis). Atau menyeruput teh atau kopi tanpa kalori sebagai pelengkap sempurna untuk makanan rumahan Anda.(*/WebMD)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul 10 Tips Menu Makan Sehat untuk Anda Penderita Diabetes

# diabetes # Dokter Tan Shot Yen # makanan

Baca berita lainnya terkait diabetes

Sumber: Tribun Jogja
Tags
   #diabetes   #Dokter Tan Shot Yen   #makanan
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved