Yandex

Viral di Medsos

Viral Video Ikan Teri Berkumpul di Tepi Pantai Selatan DIY, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Rabu, 22 September 2021 22:13 WIB
Kompas.com
Editor: Dita Dwi Puspitasari | Video Production: Dimas Wira Putra

TRIBUN-VIDEO.COM, YOGYAKARTA - Warga Kulon Progo yang tinggal di sekitar pantai selatan Yogyakarta dihebohkan dengan video segerombol ikan teri yang terdampar di pinggir.

Video yang viral itu diunggah pada Selasa (22/9/2021). Dalam video tersebut tampak sejumlah warga menangkap ikan dengan jaring di laguna Pantai Trisik, Kulon Progo.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Catur Nur Amin mengatakan ada tiga kemungkinan penyebab fenomena itu.

Baca: Viral Video Fenomena Unik Sumur di Karanganyar, Berair Asin hingga Bisa Terbakar saat Disulut Api

Kemungkinan pertama, kata Catur, ikan itu bergerombol di tepi pantai karena ada perubahan suhu.

"Sekarang kan sedang pancaroba sehingga terjadi perubahan suhu air laut. Sementara ikan teri mencari suhu yang nyaman, di darat lebih hangat jadi menuju ke arah darat," jelas Catur saat ditemui kompas.com di kantornya, Kalurahan Terban, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Rabu (22/9/2021).

Kemungkinan kedua adalah gerombolan ikan teri itu bergerak ke tepi pantai untuk menghindari predator.

"Misalnya (ikan) layur mengejar dia. Pecah sebagian lari ke darat, sementara sebagian gerombolan lari ke tempat lain," sebutnya.

Kemungkinan ketiga, lanjut Catur, gerombolan teri terpecah oleh gelombang besar. Akibatnya, ada bagian dari gerombolan yang terseret ke perairan dekat daratan.

Teri yang mendekati pantai selatan DIY oleh masyarakat sekitar disebut berjenis jui.

Baca: Viral Video Sungai di Klaten Tiba-tiba Berwarna Merah Darah, Polisi & DLH Turun Tangan Selidiki

Teri ini berbeda dengan jenis teri nasi karena ukurannya lebih besar. "Satu kilo sekitar Rp 10.000, kali Teri Nasi itu lebih mahal bisa mencapai Rp 50.000 per kilonya," kata Catur.

Fenomena teri mendekat ke pantai ini tidak hanya terjadi di Trisik Kulon Progo tetapi juga terjadi di Pantai Wediombo Kabupaten Gunungkidul.

"Kalau liat kemarin di grup itu ketangkap di Trisik di laguna ada teman yang nangkep. Kemudian di Wediombo," katanya.

Fenomena ini, menurut dia, sering terjadi di pantai Selatan DIY. Hampir tiap tahun kejadian serupa terjadi, tetapi sekarang ini sudah ada media sosial sehingga fenomena ini dapat sorotan dan menjadi viral. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Ikan Teri Berkumpul di Tepi Pantai Viral, Ini Kata Dinas Kelautan dan Perikanan DIY"

Baca berita terkait lainnya

 
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved