Yandex

Terkini Metropolitan

Enam Warga Binaan Kembali Diperiksa Polisi dalam Kasus Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Rabu, 22 September 2021 21:24 WIB
Tribunnews.com
Editor: Aprilia Saraswati | Reporter: Fandi Permana | Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Penyidikan kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang terus dilakukan oleh Polda Metro Jaya.

Usai menetapkan 3 orang tersangka dalam kasus ini, polisi kembali memeriksa warga binaanLembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang. Pemeriksaan itu dilakukan pada 6 warga binaan hari ini untuk mencari tersangka baru.

"Ada 6 orang kita panggil untuk pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Yusri menjelaskan, salaj satu dari 6 napi yang diperiksa sebelumnya menjalani BAP. Napi berinisial JNN itu menjalani pemeriksaan tambahan untuk memenuhi berita acara pemeriksaan (BAP).

Baca: Hasil Gelar Perkara Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Polisi Tetapkan Tiga Tersangka

Baca: Seusai Kebakaran hingga Tewaskan 49 Napi, Kalapas Kelas I Tangerang Dinonaktifkan

JNN bersmaa kelima saksi lainnya merupakan penghuni kamar sel blok C2 yang terbakar pada Rabu 8 September 2021 lalu. Pemeriksaan dilakukan itu mencari dua alat bukti yang cukup untuk memenuhi Pasal 187 dan 188 KUHP tentang kealpaan dan kesengajaan yang mengakibatkan kebakaran.

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencari unsur kealpaan sebagaimana disangkakan pada Pasal 187 dan 188 KUHP, apakah kemungkinan ada Pasal 359 (tentang kealpaan yang mengakibatkan orang meninggal dunia). Ini masih didalami semuanya termasuk pemeriksaan saksi lainnya," tutur Yusri.

Sebelumnya pada Senin (20/9/2021) penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya menetapkan 3 petugas Lapas Klas 1 Tangerang sebagai tersangka untuk pasal 359 KUHP. Mereka berinisial RU, S, dan Y karena bertanggung jawab atas kelalaian yang mengakibatkan korban jiwa.

Pasal 359 KUHP menyatakan barang siapa karena kesalahannya (kealpaan) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun. (*)

# Polda Metro Jaya # Lapas Klas 1 Tangerang # kebakaran 

Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved