Yandex

Kesehatan Gizi

Hal yang Perlu Disiapkan Jika Gadis Kecilmu Pertama Kali Pubertas

Rabu, 22 September 2021 08:07 WIB
Tribun Video
Editor: Bintang Nur Rahman | Video Production: Andy Prasetiyo

TRIBUN-VIDEO.COM - Jika gadis kecilmu mengalami masa pubertas itu artinya ia akan memasuki masa remaja, dalam masa remaja ini terjadi perubahan hormon yang sangat drastis.

Tak hanya laki-laki saja, perubahan hormon juga terjadi pada wanita jika sudah memasuki masa pubertas baik secara fisik ataupun emosional.

Biasanya pada wanita yang mengalami masa pubertas terjadi pada umur 10 tahun yang ditandai dengan keluarnya darah pada daerah vagina, itu mennadakan dia sudah memasuki masa dewasa.

Para gadis yang mengalami hal tersebut tentu akan kaget jika pertama kali mengetahui, untuk itu Bunda perlu melakukan pendampingan terkait hal tersebut.

Baca: Tak Khawatir Bocor saat Beraktivitas, Ini 5 Pilihan Pembalut Pilihan yang Punya Daya Serap Tinggi

Nah beberapa hal yang wajib bunda siapkan dan juga ajarkan kepada gadis kecil yang baru saja mengalami pubertas sebagai berikut.

Pembalut

Ada berbagai macam jenis pembalut yang tesedia di pasaran, baik yang sekali pakai atau juga berkali-kali pakai, namun tak ada salahnya untuk pertama menanggulangi menstruasi gunakan pembalut sekali pakai.

Selain itu pembalut yang dapat digunakan untuk berkali-kali pakai adalah tampon dan juga pembalut kain, ini sebaiknya digunakan jika anak sudah cukup lama mengalami menstruasi.

Baca: Anti Bocor, Berikut 4 Rekomendasi Pembalut yang Cocok Digunakan saat Olahraga

Jika berpergian ada baiknya Bunda memberitahu untuk menyiapkan cadangan pembalut beberapa buah di dalam tas kecil agar mengantisipasi terjadinya kebocoran.

Pembungkus Pembalut

Tak hanya pembalut, Bunda juga harus memebritahu si gadis kecil untuk penting membawa kantong yang digunakan untuk membungkus pembalut bekas yang nantinya akan diganti.

Namun jika tak ada kantong, Bunda juga dapat mengajari untuk menggunakan plastik kecil bekas packaging pembalut baru.

Bunda juga harus mengajari bahwa jangan membuang pembalut pada sembarang tempat, hindari pembuangan pembalut seperti pada kloset atau saluran air.

Baiknya buang pembalut pada tempat sampah yang sudah tersedia.

Pantyliner

Jika saat menstruasi darah yang keluar sudah sedikit, Bunda perlu memberitahu si anak untuk menggunakan pantyliner, alat ini lebih tipis daripada pembalut yang menyerap cairan lebih sedikit.

Pantyliner dapat menjadi cara melatih anak gadis tentang penggunaan pembalut yang benar sebelum memasuki periode menstruasi yang sebenarnya.

Celana Dalam Cadangan

Bunda juga perlu memberitahu gadis kecil untuk membawa celana dalam cadangan karena ditakutkan terjadi kebocoran ketika sedang menstruasi.

Pilih celana dalam warna gelap, misalnya biru tua atau hitam, saat anak dalam periode menstruasi, warna gelap lebih mudah dibersihkan dan tidak menyisakan noda darah saat dicuci.

(NOVIA/TRIBUNSHOPPING.COM)

Sumber: Tribun Video
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved