Yandex

Kesehatan Gizi

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah, Berkumur Air Garam hingga Kompres Es Batu

Senin, 20 September 2021 11:24 WIB
Tribun Papua
Editor: Kharis Ardiyansah | Video Production: Muhammad Gana Wirawanda

TRIBUN-VIDEO.COM - Sakit gigi tak bisa disepelekan karena bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Bahkan dalam keadaan beristirahat saja, Anda akan sulit berkonsentrasi karena sakit gigi.

Tahukah Anda bahwa banyak bahan alami di rumah Anda yang bisa mengobati sakit gigi? Dilansir dari Healthline, berikut obat sakit gigi alami yang mudah Anda temukan di rumah.

1. Garam

Garam adalah disinfektan alami dan bisa membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Lalu, gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur tiga kali sehari.

Air garam merupakan pertolongan pertama yang ampuh untuk sakit gigi. Selain itu, air garam bisa membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi Anda.

2. Es batu

Cara menggunakan es batu untuk obat sakit gigi alami adalah dengan membungkusnya dalam handuk kecil. Kemudian, gunakan es yang telah dibungkus sebagai kompres yang ditempelkan pada bagian yang sakit gigi selama 20 menit. Ulangi langkah ini setiap beberapa jam.

Kompres dingin menggunakan es batu bisa membantu meredakan sakit gigi. Ketika terkena dingin, pembuluh darah akan mengecil dan mengurangi aliran sakit yang Anda rasakan.

Baca: Segudang Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuh, dari Cegah Kanker hingga Mengobati Sakit Gigi

3. Bawang putih

Bawang putih terkenal sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Bawang putih memiliki efek antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Selain itu, bawang putih juga menghasilkan efek antiinflamasi yang bermanfaat untuk meredakan radang pada gigi.

Sebagai obat sakit gigi alami, Anda bisa menghaluskannya dan mengoleskan ke gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyah bawang putih mentah.

4. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol yang terkenal di bidang kedokteran gigi. Bahan ini terkandung di berbagai produk kesehatan gigi dan mulut, seperti pasta gigi, obat kumur, dan bahan tambal.

Ternyata, eugenol dalam cengkeh bermanfaat sebagai antibakteri. Efek ini akan membantu menghilangkan penyebab sakit gigi, yaitu bakteri.

Penggunaan cengkeh di rumah sangat mudah. Hancurkan beberapa tangkai cengkeh kemudian seduh dengan air hangat. Anda bisa menjadikan larutan tersebut sebagai obat kumur.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan minyak atsiri cengkeh. Oleskan minyak cengkeh kepada gigi yang sakit dengan menggunakan bantuan kapas.

Baca: Tak Perlu Biaya Mahal, 6 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Sakit Gigi

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki manfaat sebagai antiradang dan antimiroba. Anda hanya perlu menghancurkan daun jambu biji ke dalam segelas air untuk dijadikan obat kumur.

Kapan ke dokter

Sakit gigi paling banyak terjadi akibat gigi berlubang. Jika sakit gigi sering kambuh atau intensitas sakitnya bertambah parah, itu merupakan tanda bahwa Anda harus segera ke dokter gigi.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul 5 Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah, Cengkeh Termasuk Nih

# sakit gigi # air garam # daun jambu biji # cengkeh

Sumber: Tribun Papua
Tags
   #sakit gigi   #air garam   #daun jambu biji   #cengkeh
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved