Yandex

Terkini Nasional

IndiHome dan Telkomsel Trending Topic, Pengguna Zoom Kelimpungan karena Gangguan Sejak Minggu

Senin, 20 September 2021 10:31 WIB
Tribunnews.com
Editor: Tri Hantoro | Video Production: Winda Rahmawati

TRIBUN-VIDEO.COM - Indhihome dan Telkomsel mengalami gangguan teknis pada Minggu (19/9/2021) malam.

Pada Senin (20/9/2021) Indihome dan Telkomsel menjadi trending di Twitter dengan 69,2 ribu tweet dari masyarakat yang mengeluhkan gangguan.

Pada akun Instagram resmi @telkomsel menginformasikan jika adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet.

"Gangguan teknis terjadi di beberapa wilayah Indonesia yaitu Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, kalimantan, Sulawesi dan Papua" tulisnya.

Selain itu, Telkomsel juga menyampaikan jika pihaknya sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan.

Telkomsel akan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah terdampak.

Layanan telepon dan SMS masih dapat diakses secara normal.

Telkomsel juga menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang terjadi dan akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut.

Sementara itu, IndiHome juga menyampaikan informasi pada akun instagram resminya @indihome.

"Kami tahu, sobat pasti tidak nyaman dengan adanya hal ini, tetapi kami sedang memperbaiki semua ini agar sobat bisa beraktivitas dengan lancar" tulisnya.

Dikutip dari Kompas.com, PT Telkom Indonesia membenarkan adanya gangguan koneksi terhadap layanannya.

Baca: Netflix Kini Bisa Diakses oleh Pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan Wifi.id setelah Resmi Buka Blokir

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, gangguan terjadi sekira mulai pukul 17.33 WIB di hari Minggu (19/9/2021).

Ahmad mengungkapkan, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak.

Hal ini mengakibatkan penurunan kualitas terhadap layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah di Indonesia.

Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna yang terdampak.

Hal senada juga disampaikan Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

Menurutnya, gangguan jaringan Telkomsel terjadi di sejumlah titik wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak," kata Denny.

Tentang Indihome dan telkomsel dikutip dari Indihome.co.id

Telkom adalah Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia TBK yang dalam hal ini bertindak sebagai penyedia Layanan Indihome.

Sedangkan, Indihome adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan sata seperti telepon rumah, internet dan layanan televisi interaktif.

Indihome resmi diluncurkan pada tahun 2015 dan merupakan salah satu program proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network.

Telkom menggandeng sejumlah pengembang teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.

Layanan Indihome adalah layanan Telkom, baik yang diselenggarakan oleh Telkom maupun bekerja sama dengan pihak ketika yang terdiri dari Indihome 1P, 2P dan 3P termasuk add on.

Sementara itu, MyIndiHome adalah mobile application milik Telkom yang dikembangkan dan diperuntukkan bagi Pelanggan baik untuk layanan fiber maupun non fiber.

Fungsinya untuk menyampaikan keluhan, mengecek tagihan, melakukan pembelian produk-produk turunan IndiHome, permohonan pemasangan baru, dan lain sebagainya.

Seperti modifikasi Layanan IndiHome (seperti Add On, mutasi, upgrade, downgrade), cek tagihan, lapor gangguan dan poin reward.

Pagi ini sejumlah pengguna Indihome mengeluhkan sulitnya mengakses aplikasi Zoom.

Gangguan pada Indihome itu sendiri sudah terjadi sejak Minggu (20/9/2021) malam dan berlanjut hingga pagi ini.

Beberapa pelanggan Indihome mengungkapkan kekesalannya di Twitter.

Walhasil, "Indihome" masih masuk daftar trending topic di Indonesia dengan lebih dari 70.000 twit diunggah, saat berita ini ditulis.

Salah satu keluhan ditulis pengguna Twitter dengan handle @ng_rhy.

 "Mau (buka) Zoom tapi IndiHome masih error," tulisnya. Twit serupa juga diunggah pengguna Twitter lain dengan handle @juumiil. "Kagak bisa masuk Zom wkwkwk IndiHome," kicaunya.

Hal yang sama juga dilontarkan pengguna dengan handle @kapanmanis17. 

"Indihome mengadeh sekali dah, gak konek-konek mau di HP mau di laptop, gak bisa semua, ada kelas pakai Zoom weh ini, mana kuota sekarat," tulisnya. Selain itu, beberapa pengguna juga khawatir gangguan layanan Indihome mengganggu kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) yang mulai berlangsung hari ini.  (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul IndiHome dan Telkomsel Gangguan Jaringan Trending di Twitter, Berikut Penjelasannya

Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #IndiHome   #Telkomsel   #trending topic
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved