TERKINI NASIONAL

Indonesia Terima 500 Ribu dari 2,5 Juta Vaksin, Menlu Sampaikan Terima Kasih pada Australia

Jumat, 3 September 2021 20:22 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebanyak 500 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang diperoleh dari Pemerintah Australia telah tiba di Indonesia pada Kamis (2/9/2021) sore.

Kedatangan vaksin ini merupakan tahap pertama yang dilakukan Pemerintah Australia dari rencana dukungan sebanyak 2,5 juta dosis vaksin pada 2021 melalui mekanisme kerjasama Bilateral.

Selain berencana memberikan dukungan vaksin sebanyak 2,5 juta dosis, Pemerintah Australia juga dikabarkan akan memberikan bantuan pengadaan vaksin kepada Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia.

Penyaluran dukungan ini nantinya akan disalurkan melalui UNICEF.

Baca: Sertifikat Vaksin Jokowi Bocor, DPR Singgung Pentingnya Kehadiran UU Perlindungan Data Pribadi

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, saat konferensi pers secara virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

"Penerimaan vaksin ini merupakan tahap pertama dari rencana Pemerintah Australia untuk memberikan dukungan 2,5 juta dosis vaksin pada tahun 2021 bagi masyarakat Indonesia melalui mekanisme Bilateral."

"Selain itu pemerintah Australia juga telah berkomitmen untuk memberikan pengadaan vaksin bagi Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia yang akan disalurkan melalui UNICEF," terang Retno.

Retno menyebut dukungan vaksin ini merupakan satu di antara topik pembahasannya bersama Menteli Luar Negeri Australia, Marise Payne, melalui sambungan telepon beberapa kali.

Pembahasan yang terakhir, kata Retno, dilakukan pada 7 Juli 2021 lalu.

Untuk memperkuat kemitraan stategis komprehensif antar kedua negara, Retno dan Payne berencana akan melakukan pertemuan langsung.

Baca: Aplikasi Pedulilindungi Dibobol Pegawai Kelurahan, Pelaku Sudah Jual 93 Sertifikat Vaksin Palsu

"Dan guna terus memperkokoh kemitraan stategis komprehensif antar kedua negara yang telah dibentuk tahun 2018 ini, kami berharap akan melakukan pertemuan to place," kata Retno.

Untuk diketahui, selain pada tingkat menteri luar negeri, upaya untuk memperkuat kerjasama penanganan Covid-19 juga dilakukan oleh para pimpinan kedua negara.

Yakni antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

Untuk itu, mewakili pemerintah Indonesia, Retno mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia atas dukungan yang telah diberikan.

"Atas nama Pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerjasama penanganan Covid-19," kata Retno.

Sehingga, dengan adanya tambahan ini, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia cukup banyak.

Sebagai informasi, pada Agustus, Indonesia telah berhasil menyuntikkan sebanyak 100 juta dosis vaksin kepada rakyat Indonesia.

Retno mengatakan, dengan melakukan penyuntikan sebanyak 100 juta dosis ini, maka Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-7 di dunia.

"Dalam konteks jumlah vaksin yang telah disuntikkan, maka Indonesia menduduki peringkat ke-7 di dunia," terang Retno.

Pandemi ini, kata Retno, masih belum terlihat kapan akan berakhir.

Untuk itu, diperlukan adanya kerjasama yang kuat antara pemerintah dengan masyarakat Indonesia.

Tanpa dukungan masyarakat, pemerintah tidak akan mampu melakukan akselerasi vaksinasi.

Sehingga, pada kesempatan ini, Retno meminta kepada masyarakat Indonesia untuk segera vaksinasi demi mempercepat herd immunity.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Indonesia Terima 500 Ribu dari 2,5 Juta Vaksin, Menlu Sampaikan Terima Kasih pada Australia

# Retno Marsudi # Vaksin AstraZeneca 

 
Editor: Danang Risdinato
Video Production: Zainal Praditya
Sumber: Tribunnews.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved