Yandex

Terkini Daerah

Petugas Vaksin di Wonogiri Berikan Layanan 'Door to Door' Masuk Desa Sasar Penyandang Disabilitas

Jumat, 20 Agustus 2021 16:10 WIB
TribunSolo.com
Editor: Panji Anggoro Putro | Video Production: Arief Miftakhul Firdaus

TRIBUN-VIDEO.COM, WONOGIRI - Pemerintah terus berupaya untuk melakukan percepatan vaksinasi dalam rangka membentuk Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

Hari ini di Kabupaten Wonogiri dilakukan vaksinasi untuk penyandang disabilitas atau difabel yang berada di Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Vaksinasi dilakukan dengan cara door to door atau menyambangi rumah-rumah difabel yang akan disuntik vaksin Sinopharm ini.

Baca: Kapolda Papua Tinjau Vaksinasi Merdeka di SMA Taruna Bakti Waena Jayapura

Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri I Pitut Kristiyanta Nugraha menyampaikan, pihaknya bertanggung jawab untuk 9 desa yang ada di Wonogiri.

"Ini sudah desa ke 5, yaitu di Purwosari, sebelumnya kita sudah ke Purworejo, Pokoh Kidul, Wonosobo kemudian Sonoharjo, tiap hari kita lakukan di satu desa," jelas Pitut Jumat (20/8/2021).

Menurut Pitut, keterbatasan mobilitas para penyandang disabilitas ini membuat pihaknya melakukan vaksinasi dengan cara door to door.

Tak hanya itu, Pitut juga menerangkan bahwa setiap harinya, jumlah sasaran yang sudah ditentukan kadang-kadang tidak terpenuhi untuk divaksin.

"Mereka kadang-kadang tidak mau, maka perlu adanya perhatian khusus agar mau divaksin." kata Pitut.

Sementara itu, di tempat berbeda, Edi Subagyo salah satu perangkat Desa Purwosari menyampaikan bahwa vaksinasi dengan cara door to door ini merupakan langkah yang baik.

Baca: Vaksinasi Merdeka di SMA YPPK Teruna Bakti Waena Targetkan 700 Pelajar

Menurutnya, para penyandang disabilitas itu tidak bisa datang ke fasilitas kesehatan (faskes) untuk melakukan vaksinasi. Sebab keterbatasan mobilitas yang dialami oleh para penyandang disabilitas itu.

"Memang salah satu caranya seperti ini, wong kadang didatangi ke rumahnya saja masih harus dibujuk," kata Edi saat memantau kegiatan vaksinasi untuk difabel di daerahnya.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh TribunSolo, tim vaksinator dari Puskesmas Wonogiri 1 melakukan vaksinasi dengan cara yang patut diapresiasi.

Mulai dari proses skrining, kemudian asesmen dokter, hingga proses penyuntikan mereka (tim vaksinator) melakukan dengan cara yang penuh kesabaran.

Tak hanya itu, rayuan-rayuan juga dilakukan agar para penyandang disabilitas ini merasa nyaman sehingga tidak menjadi kendala saat dilakukan penyuntikan.

Bahkan juga sempat ada salah satu peserta yang akan divaksin diberi sebungkus rokok sebagai bentuk reward karena dirinya bersedia divaksin. (*)

Baca juga berita terkait di sini

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Cerita Petugas Vaksin di Wonogiri, Rela Door to Door Masuk Desa Sasar Penyandang Disabilitas

# vaksin # vaksinasi # Wonogiri # Covid-19 # Herd Immunity

Sumber: TribunSolo.com
Tags
   #vaksin   #vaksinasi   #Wonogiri   #Covid-19   #Herd Immunity
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved