Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Bom Lontong Milik DPO MIT Poso yang Ditembak Mati Miliki Daya Ledak Tinggi

Minggu, 25 Juli 2021 20:06 WIB
Kompas.com
Editor: fajri digit sholikhawan | Reporter: Rena Laila Wuri | Video Production: bagus gema praditiya sukirman

TRIBUN-VIDEO.COM - Polisi menyita barang bukti berupa bom lontong dari B alias AA, teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang tewas tertembak pada Sabtu, 17 Juli 2021.

Bom lontong itu disebut berbahaya.

Bom itu diketahui punya daya ledak tinggi setelah dilakukan pengujian di Markas Komando Kompi I Batalyon B Pelopor Satuan Brigadir Mobile Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Landangan, Poso, pada Sabtu (24/7/2021).

Terduga teroris B, diketahui tertembak dalam baku tembak yang terjadi di Desa tolai Induk, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam insiden itu petugas menemukan sejumlah barang bukti diantaranya satu puncuk sejanta api jenis Revolver, dua buah bom lontong, satu bilah golok dan pakaian bermotif loreng.

Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Sulteng yang tergabung dalam Satgas Madago Raya hari ini menguji kekuatan bahan peledak yang ditemukan dalam kandungan bom lontong milik terduga teroris B.

Baca: 5 Pendemo Bawa Bom Molotov saat Unjuk Rasa di Halaman Balai Kota Bandung, Kang Emil: Mohon Bersabar

Dikutip dari Kompas.com, dari hasil uji coba, bom lontong ini ternyata memiliki daya ledak tinggi atau high explosive.

“Setidaknya setelah diurai oleh Gegana dan diperiksa oleh Puslabfor Mabes Polri ditemukan ada beberapa unsur bahan peledak dan beberapa materi di dalam bom lontong tersebut,” kata Kasatgas Humas Ops Madago Raya diwakili Wakasatgas Humas Akbp Bronto Budiyono di Poso, Sabtu (24/7/2021).

Saat diurai bom lontong itu mengandung bahan peledak coklat, 29 paku berkarat sepanjang 4 sentimeter, dan 60 gotri.

"Dalam radius 30 meter apabila paku atau gotri tersebut mengenai orang bisa mematikan dan radius 50 meter dapat melukai orang,” sambungnya.

Belum diketahui secara pasti jenis bahan peledak yang digunakan kelompok teroris ini.

Hingga kini, Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Sulteng dan Puslabfor Polri sedang meneliti bahan tersebut.

"Peledakan tersebut kita lakukan untuk menguji serta mengetahui daya ledak bom lontok milik teroris. Ini juga merupakan bagian untuk melengkapi berkas penyelidikan untuk proses hukum selanjutnya," sebutnya.(Tribun-video.com/ Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul DPO MIT di Poso yang Ditembak Mati Miliki Bom Lontong Berdaya Ledak Tinggi

# TRIBUNNEWS UPDATE # bom lontong # MIT Poso # Mujahidin Indonesia Timur

Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved