Yandex

Terkini Daerah

Swab PCR Mulai Langka Bagi Pelaku Perjalanan di Kaltara, Dinkes: Fokuskan PCR untuk Tracing Kontak

Kamis, 22 Juli 2021 12:09 WIB
Tribun Kaltara
Editor: Tri Hantoro | Video Production: Andheka Malestha

TRIBUN-VIDEO.COM, TARAKAN – Beberapa hari terakhir jelang Hari Raya Idul Adha, lonjakan kenaikan konfirmasi positif Covid-19 cukup signifikan meningkat di Kota Tarakan.

Hal ini menyebabkan sejumlah rumah sakit di Tarakan, Kalimantan Utara yang selama ini menyediakan layanan PCR bagi pelaku perjalanan dialihkan untuk kegiatan tracing terhadap kontak erat konfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tarakan dr Witoyo menuturkan, layanan Rapid Test PCR di tiga rumah sakit selama ini digunakan untuk masyarakat yang melakukan perjalanan keluar Kaltara tujuan daerah yang menerapkan PPKM Darurat.

Tiga rumah sakit tersebut di antaranya RSUD Tarakan Provinsi Kaltara, Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT) dan Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Ilyas Tarakan.

“Dan memang sekarang seperti di RSUKT, petugasnya ada yang positif. RSUD juga sementara belum bisa buka layanan PCR lagi,” urainya.

Saat ini diketahui baru Rumkital Ilyas Tarakan yang masih membuka layanan PCR bagi pelaku perjalanan.

Namun lanjutnya, layanannya juga dibatasi.

“Kalau mau perjalanan mendadak disilaan ke KKP saja. PCR memang sementara ini terbatas. Kemarin sudah dirapatkan dan diusahakan mau ditambah. Sekarang rata-rata pakai PCR khusus daerah PPKM darurat,” bebernya.

Baca: Binda Kaltara Akan Gelar Vaksinasi Door to Door, Ini Alasannya

Sementara itu Wali Kota Tarakan dr Khairul, M.Kes mengatakan saat ini pelayanan RT PCR sudah berjalan.

Namun PCR diprioritaskan untuk pasien dan tracing kontak.

Karena PPKM Darurat diperpanjang lagi di beberapa wilayah di Indonesia sangat berdampak di daerah yang tak masuk dalam PPKM Darurat.

“Harus disiapkan tentunya bagi mereka yang darurat membutuhkan. Misalnya ada orang tua meninggal, pelaku perjalanan bisa menggunakannya atau yang sakit ingin berobat, ini harus dipikirkan,” ujarnya.

Ia menambahkan saat ini, tiga rumah sakit yang melayani RT PCR diprioritaskan kepada pasien konfirmasi positif Covid-19.

“Harus diprioritaskan untuk yang dirawat. Karena ada jangka laporan yang harus di-follow up. Sekian hari harus PCR lagi,” ujarnya.

Di sisi lain ia melanjutkan, ada juga tenaga medis yang bertugas di bagian pemeriksaan RT PCR terpapar Covid-19.

Dan mereka harus melakukan isolasi mandiri.

Artinya semakin berkurang tenaga medis yang ahli dalam bidang itu. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Swab PCR Mulai Langka Bagi Pelaku Perjalanan di Kaltara, Dinkes: Fokuskan PCR untuk Tracing Kontak

Sumber: Tribun Kaltara
Tags
   #Swab PCR   #Kaltara   #pandemi Covid-19
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved