Yandex

Terkini Nasional

BREAKING NEWS: Presiden Jokowi Umumkan PPKM Darurat Diperpanjang hingga 25 Juli & Dibuka Bertahap

Selasa, 20 Juli 2021 20:14 WIB
Tribunnews.com
Editor: Panji Anggoro Putro | Video Production: Ramadhan Aji Prakoso

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan terkait kebijakan PPKM Darurat yang dimulai tanggal 3-20 Juli 2021.

Presiden Jokowi mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di Rumah Sakit.

Sehingga, Presiden Jokowi berharap tidak membuat rumah sakit lumpuh lantaran over capacity pasien Covid-19.

Baca: Belum Bisa Longgarkan Kebijakan PPKM Darurat, Jokowi: Fasilitas Kesehatan Bisa Kolaps

Saat ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan pelaksanaan PPKM hingga 25 Juli 2021 dengan aturan:

- Jika tren kasus Covid-19 terus mengalami penurunan, maka pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap sejak tanggal 26 Juli 2021.

- Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan dibuka sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50%.

- Pasar tradisional, selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50%, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang pengaturannya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

- Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis, diijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah.

- Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 30 menit.

- Sedangkan kegiatan yang lain pada sektor esensial dan kritikal, baik di pemerintahan maupun swasta, serta terkait dengan protokol perjalanan, akan dijelaskan terpisah

Baca: Aparat Diminta Tak Kasar saat PPKM Darurat, Kasus Jual Beli Vaksin oleh Dokter, Ferry Irawan Digugat

Lalu bagaimana dengan bantuan untuk masyarakat yang terdampak?

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 Triliun

Bantuan tersebut berupa bantuan tunai, bantuan sembako, bantuan kuota internet, dan subsidi listrik.

Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta Usaha Mikro.

Presiden Jokowi mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa, untuk bersatu padu melawan Covid-19 ini. (*)

Baca juga berita terkait di sini

# Jokowi # Presiden Joko Widodo # PPKM # Covid-19 # bantuan sosial

Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved