Yandex

Mancanegara

Israel Akan Kirim 1 Juta Vaksin Corona Hampir Kedaluwarsa ke Palestina

Sabtu, 19 Juni 2021 10:28 WIB
Kompas.com
Editor: Radifan Setiawan | Video Production: Dimas HayyuAsa

TRIBUN-VIDEO.COM - Israel akan membagikan sekitar satu juta dosis vaksin Covid-19 yang tanggal kedaluwarsanya sudah dekat, kepada Otoritas Palestina (PA).

Sebagai imbalannya, Israel akan mendapat jumlah dosis baru yang sama dari Palestina pada September atau Oktober 2021.

Pertukaran vaksin corona ini diumumkan para pejabat Israel pada Jumat (18/6/2021).

Otoritas Palestina di Tepi Barat yang diduduki mengonfirmasi kiriman akan mereka terima dalam beberapa hari mendatang berupa satu juta dosis vaksin Covid-19, tetapi tidak merinci kesepakatan dengan Israel.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, Pfizer adalah yang berada di balik inisiatif ini untuk mempercepat upaya vaksinasi.

“Israel menandatangani perjanjian dengan Otoritas Palestina, dan akan memasok sekitar satu juta dosis vaksin Pfizer yang akan segera kedaluwarsa,” kata kantor Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, dalam pernyataan bersama dengan Kementerian Pertahanan dan Kesehatan.

"(Israel) akan menerima imbalan dosis yang akan dikirim Pfizer ke Otoritas Palestina."

“Israel akan menerima jumlah dosis Pfizer yang sama pada September/Oktober 2021, yang sebenarnya ditujukan untuk Otoritas Palestina.”

"Kesepakatan ini dimungkinkan setelah mencatat bahwa stok vaksin yang dimiliki Israel memenuhi kebutuhannya saat ini," bunyi pernyataan Israel dikutip dari AFP.

Namun pernyataan itu tidak merinci tanggal akhir penggunaan vaksin Pfizer yang sekarang ditujukan untuk Palestina.

COGAT badan militer Israel yang mengelola urusan sipil di wilayah Palestina yang diduduki pada Jumat mengatakan, pihaknya telah mengirim 100.000 dosis vaksin.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Israel Akan Kirim 1 Juta Vaksin Corona Hampir Kedaluwarsa ke Palestina

Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved