Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Klarifikasi Sleman City Hall soal Video Acara Joget yang Timbulkan Kerumunan, Bantah Langgar Prokes

Jumat, 18 Juni 2021 19:18 WIB
Tribunnews.com
Editor: Tri Hantoro | Reporter: Tri Hantoro | Video Production: Enggar Tiasto

TRIBUN-VIDEO.COM - Beredar rekaman video yang memperlihatkan acara konser musik yang menimbulkan kerumunan viral di media sosial.

Acara tersebut diketahui digelar di Mal Sleman City Hall (SCH) pada Minggu (13/6/2021).

Terkait kejadian tersebut, pihak Sleman City Hall memberikan klarifikasi atas pemberitaan yang beredar.

Diketahui dalam pemberitaan yang beredar, video yang memperlihatkan sejumlah orang berada di depan panggung utama sambil berjoget tanpa memperhatikan prokes.

Banyak warganet yang mengecam penyelenggara acara tersebut.

Pasalnya, acara itu digelar di tengah kasus Covid-19 yang melonjak di sejumlah daerah.

Dalam keterangan video diketahui acara tersebut digelar dengan mengusung tema budaya populer Jepang.

Direktur Operasional PT Garuda Mitra Sejahtera, Bunadi yang menaungi Sleman City Hall membenarkan adanya gelaran acara yang memicu kerumunan tersebut.

Bunadi mengaku pihaknya sudah mengingatkan penyelenggara acara terkait penerapan prokes.

Namun saat acara berlangsung, penyelenggara acara ternyata tak mematuhi peraturan yang diberikan.

"Waktu nyampein ke kita dan kita sudah minta tolong itu bahwa mereka prokes. Cuma ya itu yang kami sayangkan kok dari teman-teman EO itu ada yang masukkan ke medsos,"

Saat ini permasalah tersebut telah dibicarakan oleh kedua belah pihak.

Terkait hal ini, pihak Sleman City Hall lantas membuat klarifikasi.

Baca: Viral Rombongan Polisi Kendarai Motor Sport Berknalpot Brong dan Tak Pakai Helm, Ini Faktanya

Baca: Viral Penampakan Jaring Jutaan Laba-laba Tutupi Desa, Terbentang hingga Ratusan Meter

Public Relation Sleman City Hall, Uray Dewi mengatakan pihaknya selalu kooperatif terhadap instruksi PPKM dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dari Pemerintah, termasuk dalam event Neocon summer festival yang telah terselenggara.

Neocon summer festival merupakan event kuliner dengan selingan dance competition dengan total jumlah peserta maksimal 20 grup, yang terdiri dari 4 hingga 6 orang pergrup.

Pelaksanaan dance competition dimulai dari pukul 17.00 – 20.00 WIB yang diakhiri dengan malam final pada Minggu (13/6/2021).

"Dance competition ini berlangsung selama 4 hari dimulai pada hari Rabu dengan penyisihan yang diikuti sebanyak 6 grup, kemudian Kamis sebanyak 6 grup, Jum’at sebanyak 8 grup, dan dimalam final di hari Minggu sebanyak 6 grup." ujar Uray Dewi.

Uray mengatakan, kondisi saat itu sekitar 30 – 40 orang yang berada di area depan panggung, sementara area lainnya dalam kondisi lenggang

Dengan antusiasme penonton, maka terkesan terjadi kerumunan.

Selain itu, selama acara berlangsung, MC selalu rutin untuk mengingatkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer.

Pengunjung selama di area mall diwajibkan untuk selalu menggunakan masker.

"Setiap pengunjung yang datang dan memasuki area mall diwajibkan untuk mencuci tangan, petugas melakukan screening suhu tubuh, dan menyemprotkan cairan handsanitizer," kata Uray.

Ia juga menuturkan, sebelum dan setelah acara pihaknya secara rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mensterilkan area.

"Setiap 4 jam sekali kami rutin membersihkan area dan permukaan yang sering disentuh oleh pengunjung," tambah Uray.

Menurut Uray, di lokasi acara juga disediakan area untuk mencuci tangan, handsanitizer, serta masker cadangan bagi para pengunjung, peserta, maupun panitia acara.

"Petugas kami secara aktif selalu berkeliling untuk menghimbau seluruh pengunjung untuk mengenakan masker dan menjaga jarak serta tetap mematuhi protokol kesehatan." imbuh Uray.

Uray mengatakan, pihaknya akan selalu meningkatkan dan mengevaluasi protokol kesehatan guna kenyamanan dan keamanan pengunjung.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Tribun-video.com dengan judul Viral di Medsos Kerumunan Acara Joget di Mal Sleman, Begini Tanggapan Sleman City Hall

Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved