Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Perdana Menteri Palestina Sebut Naftali Bennett Sama Buruknya seperti Benjamin Netanyahu

Rabu, 16 Juni 2021 12:42 WIB
Kompas.com
Editor: Purwariyantoro | Reporter: Rena Laila Wuri | Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepemimpinan Benjamin Netanyahu resmi berhenti, dan kini digantikan Naftali Bennett sebagai Perdana Menteri Israel yang baru.

Palestina meyakini pemerintah Israel baru yang akan dipimpin oleh pemimpin Naftali Bennett tetap melanjutkan kebijakan sama seperti Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh mengatakan pemerintahan baru Israel yang dipimpin Naftali Bennett sama buruknya seperti Benjamin Netanyahu.

Mohammad Shtayyeh memang menyebutkan penggulingan Benjamin Netanyahu menutup salah satu periode terburuk konflik Israel-Palestina pada 10 Mei lalu.

Dalam pernyataannya, Shtayyeh melontarkan peringatan untuk pemerintah baru Israel di bawah Bennett.

Terlebih, Bennett diketahui mendukung permukiman Yahudi di Tepi Barat.

Baca: Israel Serang Jalur Gaza seusai Sepakat Gencatan Senjata, Pesawat Tempur Bom Kamp Latihan Palestina

"Kami tidak melihat pemerintahan baru ini lebih baik dari sebelumnya, dan kami mengecam perdana menteri baru Naftali Bennett yang mendukung pendudukan Israel," kata Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh.

“Pemerintah baru tidak memiliki masa depan jika tidak mempertimbangkan masa depan rakyat Palestina dan hak-hak mereka yang sah," ujarnya.

Diketahui mulai dari Senin, 14 Juni 2021, Parlemen Israel Knesset mengesahkan Naftali Bennett menjadi perdana menteri baru di Israel.

Nasionalis sayap kanan akan memimpin koalisi partai-partai yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memenangkan mosi tidak percaya dengan selisih tipis hanya satu kursi pada Minggu (13/6/2021).

Baca: Gempur Gaza Lewat Udara Pagi Ini, Tentara Israel Siapkan Skenario Serangan dari Hamas

Dia menggantikan Benjamin Netanyahu, yang dipaksa mundur dari jabatannya setelah 12 tahun.

Saat pelatikannya pada Minggu (13/6/2021) malam waktu setempat, Bennett berbicara kepada kabinetnya yang baru bahwa ini merupakan awal yang baru bagi negaranya.

Sama seperti Benjamin Netanyahu, Bennett dikenal sebagai pendukung ke pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan menentang adanya kemerdekaan Palestina.

Bennett juga pernah menjadi kepala staf Netanyahu dan anggota partai Likud-nya, tetapi mereka kemudian saling bersaing sengit. (Tribun-video.com/Kompas.com)

# Perdana Menteri Palestina # Palestina # Mohammad Shtayyeh # Naftali Bennett # Benjamin Netanyahu # Israel

Baca berita lainnya terkait Naftali Bennett

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Perdana Menteri Palestina: Naftali Bennett dan Benjamin Netanyahu Sama Buruknya

Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved