Yandex

Viral Video

Tak Terima Kepala Dusun yang Meninggal Dinyatakan Kena Covid-19, Warga Geruduk RS di Jember

Sabtu, 12 Juni 2021 14:10 WIB
Tribunnews.com
Editor: Radifan Setiawan | Video Production: Muhammad Suryo Kartiko

TRIBUN-VIDEO.COM - Viral di media sosial, video yang memperlihatkan warga Dusun Onjur Desa Suren Kecamatan Ledokombo ramai-ramai datangi Rumah Sakit Daerah (RSD) Kalisat di Desa Ajung Kecamatan Kalisat, Jember, Jawa Timur.

Dalam video berdurasi singkat tersebut, warga yang tak terima karena Kepala Dusun Onjur yang meninggal dan dinyatakan positif Covid-19 oleh pihak RS.

Sebab, kepala dusun tersebut diyakini dibawa ke RS karena terjatuh di kamar mandi.

“Orang jatuh dari gedung, dibawa ke RS Ajung dianggap corona, berarti tidak beres ini rumah sakitnya,” kata salah seorang warga dalam video tersebut.

Kapolsek Kalisat AKP Sukari membenarkan warga yang datang ke RS itu merupakan warga Dusun Onjur. Mereka mendatangi rumah sakit pada Jumat (11/7/2021) pagi hari.

“Salah satu kepala dusun (Kasun) di Suren itu meninggal di rumah sakit Kalisat,” kata dia pada Kompas.com melalui telepon.

Pihak rumah sakit memeriksa kepala dusun tersebut dan menyatakan pasien terpapar Virus Corona.

Namun, warga tiba-tiba menggeruduk rumah sakit itu.

Mereka menanyakan mengapa sang kepala dusun bisa terpapar Covid-19, mereka meyakini kepala dusun tersebut dibawa ke RS karena terjatuh di kamar mandi.

“Hasil pemeriksaan medis, dia masuk RS karena jatuh, kondisinya sudah akut, ternyata setelah diswab hasilnya positif,” jelas dia.

Warga beserta keluarga kepala dusun tersebut sempat tidak terima dan ingin memakamkan jenazah seperti biasa dan bukan dengan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tak hanya itu, mereka juga berupaya masuk ke RS dan hendak membawa jenazah tersebut.

Namun setelah pihak RS bersama kepolisian dan TNI memberikan penjelasan, akhirnya warga memahami.

“Kami imbau agar mereka tidak berkerumun, akhirnya mereka memahami,” papar dia.

Pihaknya juga mengimbau agar warga tetap mematuhi prokes pencegahan Covid-19, seperti menghindari kerumunan, memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Sebab, Virus Corona tidak diketahui wujudnya. “Ini yang perlu terus diedukasi pada warga,” ujar dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunpapuabarat.com dengan judul Tak Terima Kepala Dusun yang Meninggal Dinyatakan Kena Covid-19, Warga Geruduk RS di Jember

Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved