Yandex

Tribunnews Update

49 Preman Ditangkap seusai Ada Sopir Truk Curhat ke Jokowi, Pelaku Bisa Raup Rp6,5 Juta dalam Sehari

Sabtu, 12 Juni 2021 04:22 WIB
TribunJakarta
Editor: Panji Anggoro Putro |

TRIBUN-VIDEO.COM - Aparat kepolisian berhasil meringkus puluhan preman pelaku pungutan liar terhadap sopir truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Penangkapan ini menyusul adanya keluhan dari para sopir truk kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tatap muka di pelabuhan.

Polisi menyebut, para pelaku pungli mampu meraup uang hasil pungli sekira Rp 6,5 juta dalam sehari.

Satu diantara sopir yakni Agung Kurniawan (38), warga asal Ngawi menceritakan kepada Presiden soal maraknya pungli di depo pelabuhan.

Hal itu pun juga dibenarkan oleh rekan Agung bernama Abdul Hakim.

Abdul mengatakan, kemacetan menambah leluasa pergerakan para preman itu dalam menjalankan aksinya memalak supir kontainer.

Mendengar keluhan itu, Presiden Jokowi langsung menelpon Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar masalah itu segera dituntaskan.

Baca: Dalam Sebulan, Para Sopir Truk Habiskan Rp 16 Miliar untuk Bayar Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok

Baca: Reaksi Kapolri Tiba-tiba Ditelepon Jokowi soal Curhat Sopir Kena Pungli, 49 Orang Langsung Ditangkap

49 preman pelaku pungli kemudian berhasil diringkus aparat Polres Metro Jakarta Utara dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok di sekitaran pelabuhan, Kamis (10/6/2021).

Tak hanya para pelaku, polisi juga berhasil mengamankan uang tunai juataan rupuah yang meruapakan hasil pungli terhadap para sopir truk barang yang beroperasi di pelabuhan.

Dilansir TribunJakarta.com, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, total uang yang disita dari para pelaku mencapai Rp 2.383.000.

"Tangkapan Polres Metro Jakarta Utara, dari pelaku di PT DKM Rp 432.000 dan PT GFC Rp 664.000," kata Yusri di Mapolres Metro Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021).

"Sedangkan hasil tangkapan Polres Pelabuhan Tanjung Priok dari para pelaku pungli sebanyak Rp 1.287.000," sambungnya.

Yusri menjelaskan, para pelaku setiap kali beraksi memalak uang mulai Rp 2 - 20 ribu dari sopir-sopir truk di jalanan maupun di dalam kawasan pelabuhan.

Para pelaku melarang sopir truk melaksanakan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, apabila korban tidak mau memberikan uangnya.

"Satu hari bisa 350-500 truk kontainer. Belum lagi premanisme-premanisme yang ada di luar (kawasan pelabuhan), mulai dari pak ogah sampai sengaja dibuat macet, kemudian diketok-ketok truknya," kata Yusri.

Setelah ditangkap, puluhan pelaku diamankan ke Mapolres Metro Jakarta Utara dan Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok untuk diproses lebih lanjut.(Tribun-video.com/TribunJakarta.com)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Tangkap 49 Pelaku Pungli di Tanjung Priok, Polisi Amankan Uang Tunai Jutaan Rupiah

# preman # Jokowi # pungli # Presiden Joko Widodo # Jokowi # pungutan liar # Tanjung Priok

Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved