Yandex

Terkini Daerah

Klaster Covid-19 di Perumahan THB Bekasi: Arisan di Rumah Makan dan Hadiri Kondangan Pernikahan

Jumat, 11 Juni 2021 19:47 WIB
TribunJakarta

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUN-VIDEO.COM, MEDAN SATRIA - Kemunculan klaster penuluran Covid-19 di Perumahan Taman Harapan Baru (THB), Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi menyebab 34 orang terkonfirmasi positif.

Lurah Pejuang Isnaini mengatakan, penyebab kemunculan klaster penularan diindikasi warga RT 02 RW 25 menghadiri acara arisan di sebuah rumah makan pada, Sabtu (5/6/2021).

"Ada warga yang menghadiri acara arisan, dihari berikutnya dia menghadiri acara pernikahan, kegiatanya dilakukan di luar Kota Bekasi," kata Isnaini, Jumat (11/6/2021).

Setelah itu, dua orang warga yang menghadiri kegiatan arisan dan kondangan pernikahan merasa tidak enak badan.

Mereka selanjutnya melakukan swab tes antigen secara mandiri di salah satu klinik dan hasilnya positif.

"Setelah hasilnya positif warga bersangkutan melapor ke puskesmas, petugas Satgas Covid-19 kecamatan langsung melakukan 3 T (tracing, testing, treatment)," jelasnya.

Kegiatan 3 T terus dimasifkan, sebagian besar warga di lingkungan RT 02 RW 25 diperiksa melakukan swab antigen.

Mereka yang dinyatakan reaktif kemudian diperiksa melalui PCR swab, hasil dari kegaiatan 3 T hingga saat ini menunjukkan 34 warga terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca: Perumahan Pura Bojonggede,Bogor Dihantui Klaster Covid-19, Kasus Aktif Terus Bertambah

Baca: 1 Lingkup RT Jadi Klaster Covid-19, Perpanjangan Mikro Lockdown di Ciracas Tunggu Hasil Evaluasi

"Jadi besar kemungkinan diduga ya penyebaaran itu terjadi karna arisan dan hajatan tersebut," terang dia.

Sejak Selasa (10/6/2021), wilayah RT 02 RW 25, Kelurahan Pejuang Perumahan THB Bekasi dilakukan micro lockdown atau karantina lokal.

Pantauan TribunJakarta.com, micro lockdown dilakukan dengan menutup akses masuk perumahan khususnya lingkungan RT 02 RW 25 Perumahan THB.

Hanya disisakan satu akses jalan, di pintu masuknya telah dibangun posko penjagaan yang dikawal petugas sekuriti, Satpol PP dan kepolisian setempat.

"Jadi sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh Kemendagri yang diturunkan oleh komite penanganan Covid-19 Kota Bekasi," ucapnya.

"Kita membatasi kegiatan aktivitas warga, salah satu nya rumah ibadah tepatnya di sini (yang lagi lockdown) hanya melakukan kegiatan adzan," tuturnya.

Termasuk lanjut dia, membatasi aktivitas warga seperti menutup sementara area bermain anak, lapangan olahraga agar mengurangi mobilitas warga.

"Sedangkan untuk kegiatan kegiatan lainnya seperti olahraga dan taman bermain anak-anak itu pun dibatasi, artinya sementara ini tidak ada kegiatan," tuturnya.

Dari total 34 warga terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak enam orang dirawat di rumah sakit rujukan.

"Sisanya 28 orang melakukan isolasi mandiri karena termasuk OTG (orang tanpa gejala), sedangkan yang dirawat karena ada komorbid," jelas dia.(*)

# klaster Covid-19 # taman harapan baru # Bekasi

Editor: Sigit Ariyanto
Video Editor: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved