Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Kesaksian Warga Lihat Detik-detik Banjir Terjang Malinau: Hanya Sekejap, Air Menghantam Rumah Kami

Selasa, 18 Mei 2021 10:44 WIB
Tribun Kaltara

TRIBUN-VIDEO.COM - Ratusan rumah warga di Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara terendam banjir sejak Minggu (16/5/2021).

Akibat banjir tersebut, sejumlah rumah warga rusak bahkan beberapa hanyut terbawa arus air.

Hingga hari ini belum dilaporkan adanya korban jiwa akibat bencana banjir ini.

Ketua RT 5 Desa Harapan Maju, Kecamatan Mentarang, Jekson menceritakan detik-detik wilayah permukiman penduduk tersebut diterjang banjir.

Dilansir TribunKaltara.com, menurut Jekson, air sungai tiba-tiba meluap dan dalam waktu singkat menghantam rumah warga di tepi sungai sekira pukul 04.00 Wita.

"Subuh, sekitar pukul 04.00 Wita, banjir tiba-tiba datang dari arah sungai. Kejadian ini berlangsung sekejap. Air deras langsung naik ke rumah-rumah," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Senin (17/5/2021).

Kemudian, dalam hitungan menit, air sungai meluap dan menerjang permukiman warga di RT 5 yang juga kerap disebut sebagai kampung Seboyo tersebut.

Baca: Malinau Diterjang Banjir Terparah, Hunian Rusak Parah, Ratusan Keluarga Terdampak

Jekson menyebut, rumah milik warga kemudian porak poranda diterjang derasnya arus sungai yang meluap dalam hitungan jam.

"Dalam sekejap, air langsung menghantam rumah kami. Tiga di antaranya hancur, rusak parah. Sebagian lagi reyot diterjang arus sungai," katanya.

Saat itu tanpa pikir panjang dirinya langsung mengarahkan seluruh warga Seboyo untuk mengungsi ke wilayah dataran tinggi.

Warga tidak sempat menyelamatkan barang, ternak dan hartanya karena khawatir dengan keselamatan jiwanya.

"Karena kejadiannya tiba-tiba. Banyak yang tidak sempat bawa barang-barangnya. Cuma baju yang ada di badan saja. Yang penting, keselamatan dulu," ungkapnya.

Menurutnya, pascabanjir tersebut Bupati dan FKPD Malinau mendatangi permukiman warga di RT untuk menyalurkan bantuan.

Jekson mengatakan bencana banjir kali ini merupakan yang paling besar yang pernah terjadi di wilayah tersebut.

Baca: 4 Nagari Terdampak Banjir di Rahul Tapan, Camat: Binjai Tapan dan Kampung Tengah Tapan Paling Parah

"Memang betul dibilang Pak Bupati. Selama saya di sini. Kayanya ini yang paling besar, paling parah. Bayangkan, rumah juga ikut hanyut. Untuk sementara, warga kami mengungsi di wilayah aman, sampai semuanya betul-betul pulih," ucapnya.

Sebagai informasi, banjir di Malinau terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu hingga mengakibatkan aliran Sungai Malinau meluap ke permukiman warga di sepanjang daerah aliran sungai.

Dua desa di Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau Kalimantan Utara (Kaltara) tergenang banjir pasca hujan lebat yang mengguyur, Minggu (6/5/2021) tersebut.

Banjir juga terjadi di Kecamatan Malinau Barat di Desa Tanjung Lapang dan Desa Kuala Lapang.

BPBD mencatat, puluhan keluarga kehilangan tempat tinggal akibat hanyut terseret arus banjir Malinau. (Tribun-Video.com/TribunKaltara.com)

# Malinau # Kabupaten Malinau # banjir # Kalimantan Utara # Kaltara

Baca berita lainnya terkait banjir

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Detik-detik Banjir Terjang Malinau, Saksi Mata: Hanya Sekejap, Air Langsung Menghantam Rumah Kami

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Dea Mita
Video Editor: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: Tribun Kaltara
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved