Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Buntut Ricuh di TPU Tegal Alur, Polisi Tambah Pesonel Perketat Penjagaan Antisipasi Kejadian Serupa

Sabtu, 15 Mei 2021 08:50 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM - Kericuhan sempat terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat, Jumat (14/5/2021).

Kericuhan itu terjadi setelah peziarah memaksa masuk hingga merusak pagar akibat tidak di izinkan ziarah kubur saat lebaran.

Pelarangan ziarah makam atau penutupan sementara TPU di Jakarta ini atas perintah Pemda DKI Jakarta guna memutus mata rantai penularan Virus Covid-19.

Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengatakan para peziarah masuk ke TPU Tegal Alur seusai menjebol pintu sisi belakang.

Pasalnya, pintu masuk utama di TPU Tegal Alur ditutup berkenaan dengan kebijakan larangan ziarah kubur.

Dikutip dari WartakotaLive.com, setelah pagar TPU Tegal Alur jebol akhirnya warga langsung berziarah ke makam keluarga masing-masing.

"Iya betul itu (ramai), ternyata pintu belakang itu dijebol ormas sama masyarakat,” kata Tamo, Jumat (14/5/2021).

Tamo menambahkan, petugas di lokasi akhirnya memperbolehkan para peziarah tetap masuk ke area TPU guna menghindari kericuhan lebih lanjut.

Setelah indisen ini, pihaknya kemudian membiritahu dan meminta agar pengelola TPU Tegal Alur berkoordinasi dengan petugas untuk antisipasi terjadi hal-hal semacam ini kembali terjadi.

“Tadi saya sudah bilang sama ketua TPU-nya, 'kamu kalau kayak gitu jangan diam saja, segera lapor, biar kita koordinasi dengan TNI-Polri, dari Polsek, Koramil'," kata Tamo.

Terpisah, Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo mengatakan pihaknya telah menambahkan petugas untuk bersiaga di pintu akses masuk TPU Tegal Alur.

Bismo menekankan kepada para anggota agar mengutamakan langkah persuasif dalam upaya menghalau peziarah untuk mencegah proses penyebaran Covid-19.

Hal itu sesuai Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang pengendalian aktivitas masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 pada masa libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Mari kita sosialisasikan dan ingatkan ke saudara-saudara kita, ini untuk kepentingan pencegahan penyebaran Covid-19 jadi dipersilahkan pulang, lakukan secara persuasif," ujar Bismo.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menginstruksikan penutupan seluruh TPU untuk keperluan ziarah kubur pada 12 hingga 16 Mei 2021.

Hal itu disampaikan Anies seusai melakukan rapat koordinasi bersama para kepala daerah di wilayah penyangga Ibu Kota tersebut. (Tribun-video.com/WartakotaLive.com)

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul VIDEO Kericuhan di TPU Tegal Alur, Peziarah Paksa Masuk, Ini Kata Kepala Satpol PP Jakarta Barat

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Dea Mita
Video Editor: Bintang Nur Rahman
Sumber: Warta Kota
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved