Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Dana Capai Rp100 M, Rutan Canggih Berbasis Artificial Intelligence Pertama Diresmikan KSAD Andika

Rabu, 21 April 2021 14:07 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa meresmikan rumah tahanan (rutan) militer berbasis artificial intelligence (AI).

Semua fasilitas rutan ini dikendalikan otomatis dengan perangkat elektronik, mulai dari penguncian sel hingga menyalakan atau mematikan lampu dan pemantau tahanan.

Biaya pembangunan instalasi tahanan militer itu disebut mencapai Rp 100 miliar.

Instalasi smart berbasis teknologi canggih pertama di Indonesia itu berada di Markas Pomdam Jaya, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Rumah tahanan itu diresmikan secara langsung oleh Jenderal Andika Perkasa bersama sejumlah pejabat di jajaran TNI AD lainnya pada Selasa (20/4/2021).

Andika menjelaskan biaya pembangunan instalasi tahanan militer itu mencapai Rp 100 miliar.

Menurutnya, bangunan ini memiliki luas sekira 1.500 meter persegi di dalam Markas Pomdam Jaya yang mampu menampung 83 orang.

Baca: KSAD Resmikan Penjara Militer Berteknologi Kecerdasan Buatan Pertama dalam Sejarah TNI AD

Baca: Pertanyakan Keberadaan Prajurit Kopassus di Lokasi Pengeroyokan, KSAD Andika Perkasa: Ngapain?

Andika juga menjelaskan, fasilitas instalasi tahanan militer berbasis Information Communication Technology (ICT).

Kemudian Artificial Intelligence yang ditanamkan dalam sistem instalasi tahanan militer memungkinkan petugas menganalisa setiap gerak gerik para tahanan di dalamnya.

Dengan menempatkan kamera CCTV di setiap sudut ruangan, berbasis kecerdasan buatan yang dapat mengirimkan sinyal apabila ada kegiatan tak wajar.

"Karena segala bentuk gerakan itu ada analisisnya dan analisisnya dilakukan langsung oleh artificial intelligence. Jadi sudah automatis," kata Andika.

Semua fasilitas rutan ini pun dikendalikan otomatis menggunakan perangkat elektronik, mulai dari penguncian sel hingga menyalakan atau mematikan lampu.

Tahanan di instalasi militer tersebut dikenakan gelang pengenal yang juga berfungsi untuk memantau gerakan para warga binaan.

Seluruh aktifitas pengawasan dan pengamanan terintegrasi dalam satu ruang komando.

Instalasi tahanan militer itu juga dilengkapi layanan kunjungan yang canggih di antaranya fasilitas kunjungan online. (Tribun-video.com/Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Video.com dengan judul KSAD Resmikan Penjara Militer Berteknologi Kecerdasan Buatan Pertama dalam Sejarah TNI AD

# TRIBUNNEWS UPDATE # Penjara Militer # artificial intelligence (AI) # Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) # Jenderal TNI Andika Perkasa

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Dea Mita
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved