Yandex

Terkini Daerah

Sudah Ada 27 Sekolah Dapat Izin PTM, Tarakan Siapkan 1.000 Kuota Vaksin untuk Tenaga Pendidik

Rabu, 21 April 2021 10:34 WIB
Tribun Kaltara

TRIBUN-VIDEO.COM, TARAKAN - Hingga saat ini, sudah ada 27 sekolah yang sudah mengajukan izin Ketua Satgas Penanganan Covid-19 untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Dari 27 sekolah ini dibeberkan Wali Kota Tarakan dr. Khairul, M.Kes, didominasi dari sekolah PAUD, disusul SD dan SMP.

Dikatakan dr. Khairul, 27 sekolah yang sudah mengajukan secara ketentuan SKB Empat Menteri sudah memenuhi syarat.

Di antaranya ada izin dari orang tua siswa untuk melaksanakan tatap muka. Kemudian kedua, ada izin komite sekolah. Ketiga, sekolah siap melaksanakan PTM dengan menerapkan protokol kesehatan. Kemudian keempat yakni izin kepala daerah untuk melaksanakan PTM.

"Itu berdasarkan masukan dari tim dan berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Sehingga data yang masuk ke kami baru 27 sekolah," beber dr. Khairul.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika nanti ada pertambahan data, semua data akurat di Dinas Pendidikan. Dikarenakan sebelum disampaikan ke Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19, sekolah harus melalui Disdik Kota Tarakan terlebih dahulu.

Baca: Antusiasme Murid SDN Ciracas 07 Mengikuti Kegiatan Sekolah Tatap Muka Pertama Kali saat Masa Pandemi

Baca: Jakarta Mulai Sekolah Tatap Muka, Kota Tangerang Jadwalnya Masih Lama

"Disdik yang melihat, mengevaluasi, kalau memenuhi syarat bisa langsung ajukan izin PTM. Jadi prosesnya bertahap," bebernya.

Ia melanjutkan, pihaknya menyerahkan kepada sekolah untuk memulai PTM. Sehingga untuk pelaksanaan PTM tidak serta-merta serempak dilaksanakan.

"Kalau ditanya kapan PTM, tergantung sekolahnya yang sudah diberikan izin," ujar dr. Khairul.

Lebih jauh saat disinggung terkait antisipasi klaster baru dari PTM, ia optimis jika dikerjakan mengikuti protokol kesehatan, tak akan ada klaster baru.

"Mulai dari memakai masker, sebelum masuk kelas cuci tangan, jaga jarak, saya pikir insyaAllah tidak akan ada klaster baru," urainya.

Ia juga menambahkan, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Tarakan sudah mulai menurun. Ia juga tak bosan mengingatkan warga untuk tetap menjaga prokes.

Lebih jauh mengulas update vaksin untuk guru saat ini, 27 sekolah yang sudah Dapat izin PTM otomatis sudah melakukan vaksinasi. Berikut warga sekolahnya.

Artinya sekolah dinyatakan sudah memenuhi standar walaupun itu tidak menjadi bagian
persyaratan.

"Tetapi itu bagian tambahan yang diberikan untuk mengurangi risiko," jelasnya.

Ia menambahkan, nanti akan ada 1.000 kuota vaksin lagi untuk tenaga pendidik dan diprioritaskan pada sekolah yang mengajukan PTM.

"Karena mereka yang akan melakukan tatap muka sehingga mengurangi potensi penularan. Dan agar gurunya juga ada kekebalan," pungkasnya.(Andi Pausiah)

# sekolah tatap muka # Wali Kota Tarakan # Wali Kota Tarakan # Tarakan

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Andheka Malestha
Sumber: Tribun Kaltara
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved