Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Jozeph Paul Zhang Disebut Punya Gelar Pendeta, PGI Meragukannya dan Minta Tak Terprovokasi

Rabu, 21 April 2021 02:21 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Beredar kabar di media sosial Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai Nabi ke-26 merupakan seorang pendeta.

Dalam video-videonya di YouTube, Jozeph Paul Zhang menuliskan dirinya sebagai Ps atau Pastor dan bergelar Mth (Master of Theology).

Namun, persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) meragukan gelar pendeta Jozeph Paul Zhang dan meminta masyarakat tak terprovokasi oleh setiap pernyataannya.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Gomar Gultom, saat dihubungi Komipas.com pada Senin (19/4/2021).

Ia meragukan identitas Jozeph Paul Zhang sebagai pastor atau pendeta agama Kristen.

Di mana gelar Ps atau Pastor dan Master of Theology itu digunakan Jozeph dalam berbagai kontennya di akun YouTube miliknya.

Gomar menyebut jabatan pendeta itu melekat pada jabatan gerejani dan terhubung dengan gereja tertentu.

"Saya tidak tahu beliau dari gereja mana, jadi saya meragukan kependetaannya," sebut Gomar dihubungi Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Namun, ia mengatakan tidak tahu betul Jozeph dari gereja mana. Sehingga, Gomar pun meragukan gelar kependetaan yang digunakan Jozeph dalam konten-koten YouTubenya.

Baca: Penista Agama Jozeph Paul Zhang Dikabarkan Punya KTP Salatiga, Tak Berada di Indonesia Sejak 2018

Baca: Kini Diburu & Terancam Deportasi, Jozeph Paul Zhang Akui Sudah Lepas Kewarganegaraan & Tak Lagi WNI

Selain itu, Gomar mengungkapkan bahwa dirinya menyesalkan dan tidak setuju dengan berbagai pernyataan Jozeph.

Ia lantas meminta masyarakat untuk tidak terlalu menanggapi dan terprovokasi dengan pernyataan Jozeph.

"Saya menyesalkan dan tidak setuju dengan berbagai pernyataannya, tetapi saya juga mengajak masyarakat untuk tidak terlalu serius menanggapinya." jelasnya.

Menurut Ketua Umum PGI itu, dengan semakin membincangkan Jozeph, artinya semakin memberikannya panggung.

"Banyak hal lain yang lebih berarti untuk kita tanggapi dan kerjakan. Menanggapinya hanya akan menaikkan ratingnya saja," ujar Gomar.

Gomar juga menegaskan saat ini tugas para pendeta adalah untuk membina umat agar tidak terombang-ambing dalam ajaran sesat.

"Tugas kita kini membina umat agar tidak mudah terombang-ambing oleh rupa-rupa ajaran, baik yang aneh dan sesat, yang dari waktu ke waktu makin banyak saja," imbuhnya.

Sebagai informasi Bareskrim Polri akan segera merilis Jozeph Paul Zhang yang diduga melakukan penistaan agama dalam daftar pencarian orang (DPO).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono mengatakan DPO polisi itu dapat menjadi dasar bagi interpol menerbitkan red notice untuk Jozeph.

Berdasarkan penulusuran Polri, Jozeph diduga saat ini berada di Jerman dan kini pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan KBRI Jerman mengenai kasus ini. (Tribun-video.com/Kompas.com)

# TRIBUNNEWS UPDATE # Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) # Jozeph Paul Zhang # Gomar Gultom # nabi ke-26

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul PGI Ragukan Gelar Pendeta Jozeph Paul Zhang

Baca berita terkait di sini

Editor: Aprilia Saraswati
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved