Yandex

Terkini Nasional

Pengamat Prediksi Moeldoko dan Mahfud MD Aman dari Reshuffle

Selasa, 20 April 2021 14:29 WIB
Tribunnews.com

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Rumor Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mereshuffle menteri berinisial M dihembuskan Politikus PKB Luqman Hakim, beberapa waktu lalu.

Terkait hal itu, pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan, pernyataan Luqman belum tentu benar dan cenderung spekulatif.

Apalagi, terdapat beberapa menteri yang memiliki inisial M dalam namanya.

"Terkait dengan wacana pergantian menteri yang berinisial M bakal diganti menurut saya itu merupakan pendapat spekulatif yang belum tentu benar. wacana tersebut sekadar sensasi," kata Karyono Wibowo, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (20/4/2021).

"Pasalnya, jumlah menteri yang berinisial M cukup banyak di Kabinet Indonesia Maju ini. Tidak hanya Moeldoko, Muhadjir Effendi, M.Lutfi, dan Mahfud MD tetapi ada yang lain seperti Muhammad Tito Karnavian dan Muhammad Basuki Hadimuljono," tambah Karyono Wibowo.

Baca: Disebut Jadi Menteri Paling Layak Di-reshuffle, Yasonna Laoly Akhirnya Angkat Bicara

Baca: Isu Reshuffle Kian Santer, DPP PKS: Jangan Politik Dagang Sapi Lagi, Ini Sudah Periode Kedua

Karyono Wibowo memprediksi, nama-nama seperti Moeldoko hingga Mahfud MD justru masih akan dipertahankan oleh Presiden Jokowi dalam kabinet.

Menurutnya, walaupun Moeldoko kemarin sempat terjebak dalam kontroversi kudeta Partai Demokrat, Jokowi dinilai masih membutuhkannya.

"Justru saya memprediksi beberapa menteri atau pejabat setingkat menteri yang memiliki nama depan M seperti Moeldoko, Mahfud MD, Muhammad Tito Karnavian, Muhammad Basuki Hadimuljono, masih dipertahankan dalam kabinet Indonesia Maju. Terlepas dari kontroversinya, posisi mereka masih dibutuhkan Presiden Joko Widodo di pemerintahan," kata Karyono Wibowo.

"Untuk M Lutfi dan Muhadjir Effendi kemungkinannya peluangnya fifty-fifty. Mungkin saja akan dilakukan pergeseran ke pos-pos lain," tambahnya.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Indonesian Pubic Institute itu menilai reshuffle tak bisa terhindarkan. Hal itu wajar dikarenakan imbas dari penggabungan dan pembentukan kementerian baru. (*)

# Muhadjir Effendi # Presiden Joko Widodo # Luqman Hakim # Karyono Wibowo # Moeldoko # Mahfud MD

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Lendy Ramadhan
Video Production: Fitriana SekarAyu
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved