Yandex

SOLO UPDATE

SOLO UPDATE: Stadion Manahan Disulap Bak Stadion Final Euro 2012 di Kiev demi Piala Menpora

Minggu, 18 April 2021 19:32 WIB
TribunSolo.com

TRIBUN-VIDEO.COM, SOLO - semifinal Piala Menpora 2021 akan dihelat di Stadion Manahan Solo, Minggu (18/4/2021) malam, atau hanya beberapa jam lagi.

Nah, anda yang nanti malam menyaksikan di layar kaca, akan melihat ada perubahan drastis di Stadion Manahan Solo.

Panitia pelaksana (panpel) lokal Solo sudah mempersiapkan kejutan, seperti yang pernah dijanjikan untuk terus berbenah memberikan yang terbaik bagi penonton layar kaca.

Kejutan itu berkaitan keluhan penikmat sepak bola Tanah Air selama gelaran Piala Menpora 2021 berlangsung, yakni soal cahaya Stadion Manahan yang dirasa tak mendukung kemegahan stadion.

Lighting Stadion Manahan yang sebelumnya hanya menggunakan 1200 lux untuk penerangan pertandingan selama babak penyisihan grup Piala Menpora 2021 akan bertambah 2 kali lipat, atau batas maksimal lampu stadion.

Sebagaimana diketahui, Stadion Manahan baru saja direnovasi karena terpilih sebagai salah satu venue yang akan digunakan untuk gelaran Piala Dunia U-20.

Kekuatan lampu sebesar 2400 lux akan menerangi pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar dan PSS Sleman vs Persib Bandung pada leg kedua semifinal Piala Menpora mendatang.

Daya tersebut seperti yang disajikan Stadion Olimpiade Kiev pada tahun 2012 menyelenggarakan laga final Piala Eropa.

Baca: Konferensi Pers Semi Final Piala Menpora Persija vs PSM Makassar

Dan juga Incheon Asiad Main Stadium, tempat berlangsungnya Asian Games 2014.

Pengamat sepak bola Budi Cahyono dan wartawan olahraga senior Edwi Puryono mengungkapkan Stadion Manahan sudah siap untuk memanjakan mata semifinal Piala Menpora 2021.

"Persiapan sudah siap, termasuk salah satunya penambahan penerangan. Awalnya yang 1200 lux sekarang sudah diuji coba ditambah 1200 lux lagi. Jadi total 2400 lux," ungkap Budi, dalam rekaman pembicaraan yang diterima Tribunnews.

Berdasarkan komunikasi intens Budi dengan ketua panpel lokal Solo untuk ajang Piala Menpora 2021, Paulus Haryoto, dia mengungkapkan uji coba lampu tersebut sudah terlaksana dengan baik jelang laga semifinal akhir pekan ini.

"Sisi-sisi stadion seperti di belakang gawang yang gelap, kemarin saat uji coba sudah terang benderang," jelasnya.

Hal ini senada dengan janji yang pernah diutarakan Paulus Haryoto saat berbincang dengan Tribunnews pada 30 Maret lalu.

Paulus berujar selama masa jeda pertandingan di Solo (usai babak penyisihan hingga semifinal), panpel akan berbenah dan fokus pada pencahayaan stadion.

"Kami menerima masukan-masukan dari berbagai pihak, catatan lampu menjadi konsentrasi kami," kata Paulus.

"Kami akan kondisikan, pada laga semifinal dan final Piala Menpora 2021 kekuatan lampu sudah berada dalam batasan maksimal, 2400 lux," jelasnya.

Paulus menargetkan 16 April 2021 semua persiapan untuk menyambut leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 selesai.

"Hanya konsentrasi kita pada lampu. Tanggal 16 sudah selesai. Saya sampaikan ke pelaksana, bahwa saat ini sedang menata jaringan kabel," ujar Paulus kala itu.

"Kalau rumput, akses masuk, ruang ganti dan prokes kesehatan tidak ada evaluasi yang berat," tambahnya.

Laga semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 akan berlangsung di Stadion Manahan pada 18-19 April 2021.

Stadion Manahan juga akan menjadi venue pertandingan perebutan tempat ketiga dan final leg kedua yang akan terselenggara pada 24-25 April 2021. (*)

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Fikri Febriyanto
Sumber: TribunSolo.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved