Yandex

TRAVEL

Cara Baru untuk Masuk ke Kebun Raya Indrokilo, Berlakukan Aturan Reservasi Tiket Lewat Aplikasi

Sabtu, 17 April 2021 09:17 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kebun Raya Indrokilo di Boyolali telah buka kembali sejak tanggal 23 Mater 2021.

Namun, tempat wisata ini memberlakukan aturan reservasi tiket masuk melalui aplikasi.

Langkah itu diambil untuk mengurangi kontak langsung antara pengunjung dengan petugas, sehingga dapat meminimalkan penyebaran virus Covid-19.

“Jadi, nanti pengunjung sebelum masuk itu harus reservasi lewat aplikasi namanya Si Boy,” kata pengelola tempat wisata Kebun Raya Indrokilo, Yunus Puratmoko kepada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Yunus juga menyampaikan bahwa sistem reservasi menggunakan aplikasi itu membantu pihaknya mengantisipasi lonjakan pengunjung dan kerumunan massa.

“Jadi dengan aplikasi itu kan otomatis tahu ketika sudah 200 orang yang masuk, maka sudah tidak bisa reservasi lagi. Jadi barcode juga tidak keluar lagi dan tidak bisa scan lagi, otomatis ketolak,” ujar dia.

Cara reservasi tiket masuk Kebun Raya Indrokilo

Jika ingin berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo, maka reservasi bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone.

Pengunjung bisa memesan tiket terlebih dahulu di aplikasi Si Boy (Sahabat Indrokilo Boyolali) yang bisa diunduh melalui playstore secara gratis. Namun, untuk sementara ini aplikasi hanya bisa diunduh pengguna Android.

Pihak pengelola sedang usahakan agar aplikasi bisa digunakan oleh para pengguna smartphone lain.

Setelah melakukan reservasi, pengungjung akan mandapatkan barcode yang akan ditunjukan kepada petugas untuk di-scan di loket masuk.

Setelah mendapatkan tiket, pengunjung baru bisa masuk. Perlu diperhatikan, jam reservasi lewat aplikasi adalah pukul 08.00-15.30 WIB.

Sementara di bulan Ramadan adalah pukul 08.00-15.00 WIB. Hingga saat ini, pengelola tempat wisata menyampaikan bahwa jumlah pengunjung tidak pernah melebihi kapasitas yang telah ditetapkan.

Kebun Raya Indrokilo buka lagi

Sebelumnya, wisata Kebun Raya Indrokilo di Boyolali kembali dibuka sejak tanggal 23 Maret 2021 lalu.

Namun, pembukaan tempat wisata itu tetap mengikuti aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro dengan kapasitas 200 orang dan penerapan protokol kesehatan.

Meskipun sudah dibuka, pihak pengelola tempat wisata mengatakan bahwa saat Lebaran nanti wisata Kebun Raya Indrokilo tutup, karena adanya keterbatasan jumlah pekerja, dan akan dibuka kembali setelahnya yaitu pada hari Senin (17/5/2021).

Selain itu, Kebun Raya Indrokilo hanya buka saat weekdays atau Senin-Jumat dan tutup pada akhir pekan atau Hari Sabtu dan Minggu.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebun Raya Indrokilo Berlakukan Aturan Reservasi Tiket Lewat Aplikasi"

# Kebun Raya # Boyolali # Covid-19

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Kompas.com
Tags
   #Kebun Raya   #Boyolali   #Covid-19
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved