Yandex

Tribunnews Update

Disebut Berpeluang Jadi Mendikbudristek, Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti Sempat Tolak Jadi Wamen

Rabu, 14 April 2021 17:44 WIB
Surya

TRIBUN-VIDEO.COM - Kabar reshuffle kabinet mencuat setelah Presiden Jokowi akan menggabung Kemendikbud dan Kemenristek menjadi Mendikbudristek.

Pengamat menyebut, reshuffle kabinet kali ini kemungkinan akan berdampak pada posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Menurut pengamat, jika nanti direshuffle maka satu diantara sosok yang disebut berpeluang menjadi Mendikbudristek yakni Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, meski dulu sempat menolak jabatan Wakil Mendikbud.

Baca: Isu Reshuffle Kabinet Jokowi: Bakal Dilakukan Pekan Ini hingga Sosok yang Layak Jadi Mendikbudristek

Hal ini diungkap oleh Pengamat politik dan ketatanegaraan, Agus Riwanto yang menyebut Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Muti menjadi satu di antara orang yang berpeluang menjadi Mendikbudristek.

Mengingat, sebelumnya Abdul Mu'ti sempat diisukan dipilih Jokowi untuk mendampingi Nadiem Makarim.

"Dulu Abdul Mu'ti malah isunya dianggap sebagai wakil menterinya Nadiem Makarim." ujarnya kepada Tribunnews.com melalui sambungan telepon, Rabu (14/4/2021).

Namun saat itu Abdul kurang berkenan dan menolak posisi sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tapi dia menolak karena posisinya hanya wakil menteri, enggak strategis," ungkap Agus.

Dilansir oleh Tribunnews.com, menurut Agus, peluang Abdul Mu'ti menjadi Mendikbudristek tergantung pada langkah yang diambil Muhammadiyah.

Baca: KSP Beri Bocoran soal Reshuffle Kabinet, Kabar Mencuat setelah DPR Sahkan Penggabungan 2 Kementerian

"Muhammadiyah yang sudah ada di kantong Jokowi ya Abdul Mu'ti. Kalau Muhammadiyah berhasil melobi, bisa jadi Abdul Mu'ti," terang dia.

Sebagai informasi, Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed. merupakan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang lahir di Kudus, 2 September 1968.

Abdul Mu'ti menamatkan pendidikan gelar S1 di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang tahun 1991. Melajutkan S2 di Flinders University South Australia dan lulus tahun 1996.

Selanjutnya, Abdul Mu'ti menempuh pendidikan S3 di Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada 1993, ia mulai mengajar sebagai dosen di IAIN Walisongo. Kemudian pada 2014 mulai menjadi dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Abdul Mu'ti menjadi satu diantara Advisor di The British Council London sejak 2006.

Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris PWM Jateng periode 2000-2002.

Baca: Ini Daftar Nama Menteri yang Layak Direshuffle Versi Survei IPO, Muncul Nama Menkumham Yasonna Laoly

Pada 2005-2006, Abdul Mu'ti dipercaya menjadi Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah dan menjadi Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010.

Hingga Abdul Mu'ti dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang ilmu pendidikan Agama Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2 September 2020.

“Menjadi guru besar adalah awal saya belajar,” ucap Abdul Muti saat penyampaian orasi ilmiah atas pengukuhan Guru Besar, dikutip dari suaramuhammdiyah.id. (Tribun-video.com/Tribunnews.com/Surya.co.id)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Segera Lantik Mendikbudristek, Pengamat Prediksi Nasib Nadiem Makarim dan Peluang Abdul Mu'ti dan di Surya.co.id dengan judul Tokoh Muhammadiyah Layak Jadi Mendikbudristek, Ini Sosok Abdul Mu'ti yang Pernah Tolak Jabatan Wamen

Baca juga berita lain tentang reshuffle kabinet di sini

# Mendikbudristek # PP Muhammadiyah # Abdul Muti # reshuffle # Jokowi

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Dea Mita
Video Production: Erwin Joko Prasetyo
Sumber: Surya
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved