Yandex

Tribunnews Update

BNPB Kirim Peringatan Dini ke 30 Provinsi soal Ancaman Siklon Tropis Seroja & Dampak yang Muncul

Selasa, 13 April 2021 20:55 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Pesan peringatan dini kesiapsiagaan bencana di 30 wilayah Indonesia, telah disampaikan oleh BNPB.

Peringatan tersebut menyusul informasi dari BMKG terkait ancaman bibit Siklon Tropis 94W yang diduga akan mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah.

Dilansir oleh Kompas.com, Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan menuturkan, informasi peringatan dini disampaikan agar dapat mempercepat penyebarluasan informasi peringatan bencana.

Harapannya, informasi itu dapat membuat para kepala daerah menyusun rencana.

Baca: 2 Nelayan NTT Terseret Sampai di Australia karena Badai Seroja, Kepala BPBD: Kami akan Pulangkan

Juga pengambilan keputusan terkait upaya mitigasi.

Cuaca ekstrem yang dimaksud seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es.

Serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalanan licin.

“Selain itu pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca eksterem, seperti puting beliung, hujan lebat, disertai kilat/petir, hujan es dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang serta jalanan licin,” papar Lilik dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Lilik meminta pemda melakukan koordinasi antar lembaga terkait penyebaran informasi pada masyarakat soal bencana yang mungkin terjadi.

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG & Pergerakan Siklon Tropis Seroja 9 April 2021: 25 Area Potensi Cuaca Ekstrem

Ada pun 30 wilayah yang mendapatkan pesan peringatan dini dari BNPB di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DIY.

Selain itu Jatim, Bali, NTB, Kalbar, Kalteng, Kalimantan Utara, Kalsel, Sulut, Gorontalo, Sulteng, Sulsel, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

BKMG menyebut, bibit siklon tropis 94W di Samudera Pasifik dan Timur Laut Papua berpotensi menjadi siklon tropis dalam seminggu ke depan.

Akibat bibit siklon tersebut, diperkirakan akan terjadi hujan lebat hingga sangat lebat disertai angin kencang dan tinggi gelombang, pada periode 13-19 April 2021. (Tribun-video.com/Kompas.com)

Baca juga berita lain tentang Siklon Tropis Seroja di sini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Ancaman Siklon Tropis, BNPB Keluarkan Peringatan Dini ke 30 Wilayah

# peringatan dini # BNPB # Siklon Tropis Seroja # siklon tropis # bibit Siklon Tropis # cuaca ekstrem # bencana alam 

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Larasati Putri
Video Editor: Muhammad Eka Putra
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved