Yandex

Ramadan 2021

Ramadan Tinggal Hitung Hari, Hukum Maaf-maafan Jelang Ramadan

Minggu, 4 April 2021 15:21 WIB
Tribun Timur

TRIBUN-VIDEO.COM - Jelang Ramadhan 1442 H atau Ramadan 2021, rubrik Tribun Khazanah Islam akan memuat seputar Tanya Jawab Ramadhan.

Rubrik ini diasuh Dr Zulhasari Mustafa, Dosen Perbandingan Mazhab UIN Alauddin Makassar.

Permintaan Maaf Jelang Ramadhan

Beberapa hari terakhir, rangkaian kalimat permintaan maaf menjelang 1 Ramadan 1437 Hijriah, ramai beredar di media sosial. Baik secara personal, maupun beredar di komunitas dan group instant chat. Apakah memang ada tradisi saling meminta maaf di akhir Bulan Sya'ban atau menjelang Bulan Ramadan dalam khasanah Islam?

Hati-hati Sikap Berlebihan

SEBENARNYA tak ada tradisi Nabi meminta maaf di akhir bulan Sya'ban.

Namun, dalam konteks ukhuwah islamiyah dan humanisme, tradisi meminta maaf adalah hal yang wajib dilakukan umat Islam, jika merasa telah bersalah kepada saudaranya.

Memanfaatkan momentum Ramadan, untuk saling memaafkan, adalah terjemahan dari sikap zuhud yang berkembang dalam tradisi sufism.

Dalam tradisi ini, dosa dhahiriyah (terlihat) sesama manusia, spontan dimaafkan.

Sedangkan dosa bathiniyah, seperti dengki, hasad, dan iri hati, itulah yang harus selalu dihindari untuk menjaga hati tetap bersih.

Meminta maaf itu disyariatkan dalam Islam. Ada hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, tentang meminta maaf.

AOrang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada ada dinar dan dirham.

Karena jika orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa‑dosa dari orang yang ia zhalimi@ (HR. Bukhari no.2449).

Dari hadits ini jelas bahwa Islam mengajarkan untuk meminta maaf, jika berbuat kesalahan kepada orang lain. Adapun meminta maaf tanpa sebab dan dilakukan kepada semua orang yang ditemui, tidak pernah diajarkan oleh Islam.

Sesungguhnya Allah telah memaafkan ummatku yang berbuat salah karena tidak sengaja, atau karena lupa, atau karena dipaksa@ (HR Ibnu Majah, 1675, Al Baihaqi, 7/356, Ibnu Hazm dalam Al Muhalla, 4/4, di shahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Jadi meminta maaf kepada semua orang tanpa sebab bisa terjerumus pada ghuluw (berlebihan) dalam beragama.(*)

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Tanya Jawab Ramadhan: Viral Pesan Berantai Minta Maaf Jelang Ramadhan, Perlukah?

# Permintaan Maaf # Ramadan 2021 # Jelang Ramadhan

Editor: Purwariyantoro
Sumber: Tribun Timur
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved