Yandex

Travel

Melihat Pengolahan Bis Kota, Kopi Legendaris Dari Jatinegara

Minggu, 7 Maret 2021 22:34 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Bangunan toko yang tidak begitu luas tampak sibuk penghuninya melayani pembeli yang tidak pernah sepi. Nama toko tersembunyi di depan sedikit ke atas bangunan toko, bertuliskan Toko Sedap Djaja (Wong Hin).

Pantauan Tribunnews.com Jumat sore (5/3/2021), meski nama toko susah untuk terlihat oleh orang yang melintas namun toko yang berada di Jalan Pintu Pasar Timur No 40 Jatinegara Jakarta Timur itu sangat dikenal oleh warga khususnya para penggemar kopi di Jakarta.

Mereka mengenal toko tersebut dengan nama Toko Kopi Bis Kota. Toko yang sudah berdiri selama tiga generasi, tepatnya tahun 1939 tersebut sebelumnya bernama Kopi Terompet kemudian pada tahun 1943 berganti dengan Kopi Bis Kota.

Bungkus kopi tidak pernah berubah yaitu menggunakan kertas sampul berwarna cokelat yang merupakan ciri khas Kopi Bis Kota.

Gambarnya sebuah bis dengan nomor polisi B 1943 D. Ada tiga jenis kopi yang dijual toko ini.

Mulai yang paling mahal jenis arabika, lalu WIB atau kopi yang masih berwarna kuning hijau, dan robusta.

Pelanggan kopi ini tidak hanya berasal dari Jakarta namun juga dari luar daerah bahkan ada yang dari Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Di toko ini biji kopi yang sudah di-roast akan ditimbang, digiling, dan kemudian mengepak bubuk kopi sesuai permintaan pembeli.

Mesin giling kopi sendiri sudah digunakan sejak zaman Jepang. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Herudin
Video Production: Sekar Manik Pranita
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved