Yandex

Terkini Nasional

Soal Investasi Miras, Amien Rais Minta Wapres Maruf Amin Ingatkan Jokowi

Selasa, 2 Maret 2021 11:31 WIB
Tribun Pekanbaru

TRIBUN-VIDEO.COM - Amien Rais angkat bicara mengenai kebijakan Presiden Joko Widodo membuka keran investasi Minuman Keras (Miras).

Mantan Ketua MPR sekaligus mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo membatalkan aturan itu.

Pemerintah mengeluarkan aturan itu dalam Peraturan Presiden No. 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang membuka pintu investasi untuk industri minuman keras ( miras ) sampai eceran.

Menurut Amien, dengan ditekennya Perpres tersebut maka peredaran minuman keras akan semakin masif di masyarakat sehingga dapat merusak generasi muda.

"Ini adalah taruhan bagi generasi muda kita. Memang Perpres itu berlaku hanya untuk beberapa wilayah, tapi sudahlah, tidak diberikan legalitas atau legalisasi saja sudah seperti ini keadaan kita," ujar Amien dalam tayangan video yang diunggah di kanal YouTube milik Amien Rais, Senin (1/3/2021).

Ia pun meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU) menolak ditekennya Perpres tersebut oleh Jokowi.

Amien pun meminta Wakil Presiden Ma’ruf Amin ikut mengingatkan Presiden Jokowi untuk membatalkan Perpres tersebut.

"Mohon para kiai, para ulama, juga Pak Ma'ruf Amin pajenengan bisa mengatakan Pak Presiden ini keliru, Pak, tolong, Pak," lanjut Amien.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menetapkan industri minuman keras sebagai daftar positif investasi (DPI) terhitung sejak tahun ini.

Sebelumnya, industri tersebut masuk kategori bidang usaha tertutup. Kebijakan tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Beleid yang merupakan aturan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja ini telah ditandatangani Presiden Joko Widodo dan mulai berlaku tanggal 2 Februari 2021. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul Soal Investasi Miras, Amien Rais Senggol Wapres Maruf Amin, Ini Keliru!

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Muhamad RisqiMei
Sumber: Tribun Pekanbaru
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved