Yandex

Terkini Daerah

Stasiun Purwokerto Kini Layani Pemeriksaan GeNose Covid-19, Calon Penumpang Cukup Bayar Rp20 Ribu

Senin, 1 Maret 2021 11:57 WIB
Tribun Jateng

TRIBUN-VIDEO.COM - Mulai Minggu (28/2/2021), PT KAI Daop 5 Purwokerto melayani deteksi dini Covid-19 bagi calon penumpang kereta api jarak jauh menggunakan alat GeNose C19 di Stasiun Purwokerto.

Layanan ini disediakan PT KAI bekerja dengan Rajawali Nusindo di empat stasiun, yakni Stasiun Madiun, Malang, Surabaya Gubeng, dan Purwokerto.

Sebelumnya, ada delapan stasiun yang lebih dulu menggunakan GeNose C19, yakni Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

"Ada tiga alat GeNose yang disiapkan. Penumpang cukup membayar Rp 20 ribu. Dibuka pukul 08.00 WIB-17.00 WIB dengan perkiraan bisa melayani sekitar 700 penumpang," ujar PYMT Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Hendra Wahyono, Minggu.

Hendra mengatakan, di hari pertama pembukaan layanan hingga pukul 12.00 WIB, ada 94 calon penumpang yang diperkisa.

Hasilnya, 91 calon penumpang negatif dan tiga orang reaktif.

"Calon penumpang reaktif akan dibantu diperiksa di Puskesmas terdekat dan dibantu untuk proses pengembalian tiket," tuturnya.

Seorang calon penumpang kereta asal Purwokerto, Ana (28), mengaku sangat terbantu lewat pemeriksaan GeNose.

"Lebih cepat dan murah. Diperiksa paling hanya 3 menit, hasil langsung bisa diketahui. Biayanya juga murah, hanya Rp 20 ribu," jelasnya.

Di Stasiun Purwokerto, layanan GeNose berada di pintu keluar sisi barat.

PT KAI akan menambah layanan ini secara bertahap di stasiun lain, sehingga total akan tersedia di 44 stasiun sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Untuk itu, KAI akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada guna memastikan kesiapan layanan pemeriksaan GeNose C19 yang dibutuhkan.

Sampai 26 Februari 2021, KAI telah melayani 84.794 calon penumpang kereta api, menggunakan GeNose C19 di stasiun.

Pengguna layanan GeNose C19 di stasiun pun meningkat. Ini terlihat dari delapan stasiun yang lebih dulu menggunakan GeNose C19 dan masih menyediakan rapid test antigen.

Per hari, calon penumpang kereta yang menggunakan layanan rapid tes antigen hanya 683 peserta atau 15 persen.

Sedangkan rata-rata harian peserta pemeriksaan GeNose C19 mencapai 4.653 peserta.

GeNose merupakan opsi yang dapat dipilih calon penumpang melakukan pengecekan kesehatan, selain tes rapid antigen dan PCR, untuk memenuhi syarat perjalanan naik KA jarak jauh.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang dapat dipesan melalui Aplikasi KAI Access atau website kai.id.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih), untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Pada saat pelaksanaan, calon penumpang diminta meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3x24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam, sebelum jam keberangkatan.

Tes ini tidak diwajibkan bagi pelanggan di bawah usia 5 tahun.

Informasi selengkapnya terkait layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dan syarat naik KA Jarak Jauh pada masa pandemi Covid-19, pelanggan dapat menghubungi customer service di stasiun, contact center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Tribunbanyumas/jti)

Artikel ini telah tayang di Tribunbanyumas.com dengan judul Mulai Hari Ini, Calon Penumpang Kereta Bisa Cek Covid Pakai GeNose di Stasiun Purwokerto

Editor: Dita Dwi Puspitasari
Sumber: Tribun Jateng
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved