Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Menkes Budi Gunadi Tetapkan Aturan Vaksinasi Mandiri, Pengusaha Harap Harganya Terjangkau

Jumat, 26 Februari 2021 21:27 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin resmi menetapkan aturan soal pelaksanaan vaksinasi mandiri yakni vaksin covid-19 gotong royong.

Menanggapi hal itu DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta berharap pemerintah mematok harga terjangkau agar banyak pengusaha yang melakukan vaksinasi terhadap karyawannya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simajorang, Jumat (26/2/2021).

Dikutip dari Kompas.com, Sarman mengatakan, vaksinasi mandiri memang dikhususkan bagi pengusaha yang memiliki kemampuan untuk membeli vaksin.

Agar semakin banyak pengusaha yang turut melakukan vaksinasi bagi karyawannya, ia pun berharap pemerintah akan mematok harga terjangkau.

"Sehingga akan lebih banyak pengusaha yang ikut serta," kata Sarman kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Sarman mengungkapkan bagi pengusaha yang tidak mampu untuk membeli vaksin, akan tetap akan mengikuti jadwal dari pemerintah.
Menurutnya, vaksinasi mandiri merupakan bentuk partisipasi dari pelaku usaha dalam membantu pemerintah mempercepat vaksinasi di tengah masyarakat.

Sarman lantas menyebut, para pengusaha dapat optimistis akan masa depan ekonomi dengan adanya vaksinasi mandiri.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta ini juga berharap, adanya vaksinasi mandiri dapat mempercepat pemulihan ekonomi dan aktivitas dunia usaha.

"Dan yang pasti bagaimana agar berbagai aktivitas dunia usaha dan masyarakat dapat segera pulih kembali," ujar Sarman.

Sebelumnya diberitakan, Menkes Budi Gunadi Sadikin menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 sebagaimana diatur pada ayat (1) dan ayat (2) dilakukan melalui Vaksinasi program atau Vaksinasi Gotong Royong," demikian bunyi Pasal 3 ayat 3 dalam Permenkes tersebut.

Yakni pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong terhadap karyawan yang pendanaannya ditanggung pada badan hukum atau usaha.

Jenis vaksin yang digunakan juga harus berbeda dengan yang digunakan pada program vaksinasi pemerintah.

Sementara pelaksanaan penyuntikan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta yang memenuhi syarat. (Tribun-video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Terbitkan Aturan Vaksinasi Mandiri, Pengusaha DKI Harap Harganya Terjangkau"

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Dea Mita
Video Production: Aditya Wisnu Wardana
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved